Millennials Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Surabaya Raya menanam ratusan pohon mangrove jenis Rhizophora mucronata atau bakau kurap di lahan Kebun Raya Mangrove Medokan Ayu, Kota Surabaya, Jatim, Minggu.

Ketua Millilennials BUMN Surabaya Raya Bagusranu Wahyudi Putra mengatakan, kegiatan menanam pohon mangrove kali ini merupakan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian Kota Surabaya, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Medokan Ayu, serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Medokan Ayu. Kegiatan ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan bersama Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga yang diselenggarakan pada 26 Oktober 2022 di Parkir Timur Plaza Surabaya.

"Hari ini Millennials BUMN Surabaya Raya sudah melakukan salah satu program kerja yaitu go green yang di mana tempatnya kita sedang menanam 100 mangrove di wisata Mangrove Medokan Ayu," kata Bagusranu.

Menurut dia, banyak pengetahuan baru yang didapat kegiatan tersebut, mulai dari cara menanam hingga fungsi pohon mangrove untuk alam.

"Seru banget, kita bisa mengalami experience masuk ke dalam kolam mangrove dan bisa menanam secara langsung," kata dia.
 

Sejumlah perwakilan Millennials BUMN Surabaya Raya menanam bibit pohon mangrove yang akan ditanam di Kebun Raya Mangrove Medokan Ayu, Surabaya, Minggu (23/10/2022). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)


"Tentunya program ini sangat baik untuk lingkungan sekitar dan anak cucu kita, karena itu kita wajib untuk berkontribusi juga pada lingkungan sekitar," kata dia.
 

Sementara itu, Staf Operasional Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Ani Sofiatun mengatakan penanaman pohon mangrove merupakan langkah yang baik bagi generasi masa depan, selain sebagai penahan abrasi, pohon tersebut juga dapat menambah oksigen di sekitar.
 

"Rhizophora mucronata itu bermanfaat sekali sebagai zona pertama sebagai penahan abrasi dan juga turut membantu menambahkan oksigen yang ada di Surabaya," kata dia.
 

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan pihak Millennials BUMN Surabaya Raya.
 

"Semoga bisa berkesinambungan untuk melestarikan mangrove yang ada di Surabaya, terutama karena kita nanti akan menuju kebun raya mangrove terbesar di Indonesia bahkan Asia harapan kita dunia," kata dia. (*)
 

Tak hanya itu, pihaknya juga berharap agar instansi lainnya terutama yang berada di Surabaya dapat turut aktif melestarikan hutan mangrove.
 

"Semoga ada instansi-instansi lain dan mungkin dari pihak-pihak lain yang bisa membantu hutan mangrove sekalian beli bibitnya dan penanamannya juga," imbuhnya.(*)

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022