Masyarakat Indonesia di Australia Barat memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Dharma Wanita Persatuan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (DWP KJRI) Perth. 

Ketua DWP KJRI Perth Novita Avalist menginformasikan kegiatan ini juga diikuti secara daring oleh para undangan, di antaranya dari berbagai perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, serta perwakilan Dharma Pertiwi, Persit Kartika Chandra Kirana, serta Bhayangkari dari berbagai pengurus cabang pada Kotama dan satuan kewilayahan yang tersebar di Tanah Air.

Kegiatan puncaknya adalah seminar tentang "Peran Keluarga dalam Penguatan Semangat Kesaktian Pancasila".

"Ini merupakan bagian dari rangkaian seri seminar bertema Ketahanan Keluarga, yang secara berkala diselenggarakan oleh DWP KJRI Perth," kata Novita usai penyelenggaran seminar, melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Senin malam.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber Inspektur Kodam II/Sriwijaya Brigadir Jenderal TNI Heru Setio P melalui platform digital Zoom

Dalam paparannya, Brigjen TNI Heru menekankan pentingnya peran keluarga untuk mentransfer nilai-nilai Pancasila dan semangat kebangsaan kepada generasi muda melalui pola pengasuhan, bahkan sejak dini dalam jenjang pra-sekolah. 

"Untuk itu, kesadaran, kecintaan, dan penghayatan akan Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara di tingkat orang tua mutlak wajib adanya. Tanpa kecintaan, tidak akan ada estafet nilai-nilai itu ke generasi yang akan datang," tuturnya. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022