Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi, yang juga membawahi Situbondo melakukan komunikasi sosial maritim (Komsosmar) dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Rabu.

Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori mengatakan Komsosmar ini bertujuan untuk mempererat silaturahim dengan Pemkab Situbondo sehingga terjalin sinergitas untuk pemberdayaan pertahanan wilayah maritim, khususnya di kawasan setempat.

"Kami penekanannya optimalkan wilayah potensi maritim yang ada di Situbondo," ujar Danlanal Banyuwangi Ansori usai audiensi di Ruang Intelligence Room Pemkab Situbondo.

Kabupaten Situbondo yang punya panjang pantai 173 kilometer, lanjut dia, juga merupakan basis latihan TNI AL. Kata dia, ada beberapa tempat latihan perang TNI AL yang di Situbondo, antara lain di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Karangtekok (Kecamatan Banyuputih) dan Pantai Banongan di (Kecamatan Asembagus).

"Tadi Pak Bupati mengusulkan agar tempat latihan TNI AL bisa dikembangkan menjadi wisata militer," ujar Letkol Laut (P) Ansori.

Danlanal Ansori menyampaikan, bentuk sinergitas lainnya dengan Pemkab Situbondo, yaitu dengan melakukan pembinaan Saka Bahari terhadap anggota pramuka, dan pengembangan kepada masyarakat pesisir untuk melakukan pembinaan transplantasi terumbu karang.

"Di Situbondo ini banyak wilayah pariwisata. Kalau kami kembangkan terumbu karang akan lebih menarik, sebagai rumah ikan dan sebagainya," katanya.

Ia menambahkan, secara umum perkembangan wilayah kemaritiman di Situbondo berjalan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya "Movable Bridge" atau Dermaga Gerak sebagai fasilitas menuju kepulauan di Madura.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi berharap sinergitas dengan Lanal Banyuwangi bisa terjalin dengan baik dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Situbondo.

"Berbagai upaya yang dilakukan Lanal Banyuwangi, salah satunya untuk kegiatan transplantasi terumbu karang maupun latihan perang yang akan dijadikan sebagai military tourism," katanya.

Menurut Bupati Karna, perlu kerja sama yang baik di antara keduanya untuk mencapai tujuan bersama, yaitu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Situbondo, serta mewujudkan masyarakat Situbondo yang "Berjaya" atau berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya.

"Mudah-mudahan sinergitas ini akan lebih baik ke depannya. Apalagi sudah ada kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanal Banyuwangi, salah satunya Rutilahu (rumah tinggal layak huni)," tutur bupati.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022