Jenderal TNI Andika Perkasa masuk bursa pencalonan presiden dalam Pemilihan Umum 2024 setelah kelompok massa yang mengatasnamakan Pendukung Andika Perkasa (Pendekar) mendukung sosok yang kini menjabat Panglima TNI itu melalui deklarasi yang digelar secara virtual.  

Ketua Umum Pendekar Hendrawan Saragi menilai sosok Jenderal Andika Perkasa adalah figur yang berintegritas dan tegas berdasarkan hasil analisa selama tujuh bulan terakhir. 

"Jenderal Andika Perkasa memberi kita, rakyat Indonesia, visi alternatif calon pemimpin bangsa di tengah minimnya pilihan yang ada. Jenderal Andika telah menunjukkan diri sebagai figur yang layak dan pantas kita dukung sebagai pemimpin negeri ini pada tahun 2024," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.
 
Untuk itu, Pendekar meminta kepada Jenderal Andika Perkasa agar bersedia maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilu tahun 2024 mendatang. 

"Kami mendeklarasikan dukungan kepada Jenderal Andika Perkasa untuk maju dalam pencalonan Presiden Republik Indonesia 2024," ujar Hendrawan, menegaskan. 

Menurutnya, deklarasi dukungan Pendekar kepada Jenderal Andika merupakan bentuk tanggung jawab sosial sebagai warga negara yang baik. 

"Juga sebagai bentuk kebebasan berpendapat dan berekspresi sesuai amanah Pasal 28 dan Pasal 28E ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," katanya. 

Saat ini, Hendrawan menandaskan, Pendekar telah bergerak untuk menyosialisasikan dukungannya agar Jenderal Andika juga mendapat dukungan di sejumlah provinsi, antara lain Jawa Timur dan Sulawesi Utara. 

"Dalam waktu dekat, kita akan membentuk Korwil di beberapa tempat," ucapnya. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022