Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur terus berupaya meningkatkan standardisasi perbenihan melalui Bimtek standardisasi perbenihan Varietas Unggul Baru (VUB) padi di Kabupaten Mojokerto, Kamis.
 
Kepala BPTP Jatim Atekan dalam keterangan pers di Mojokerto, Kamis mengatakan, BPTP Jatim merupakan UPT Badan Litbang Pertanian, yang sekarang telah bertransformasi menjadi Badan Standardisasi Instrumen Pertanian.
 
"Sehingga dapat menumbuhkan penangkar padi. Karena untuk menjadi penangkar padi tentunya harus melalui proses dan ini dapat kita capai melalui kolaborasi dan sinergi yang baik dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto serta BPTP. Mudah-mudahan apa yang kita dapat di sini bisa ditularkan kepada kawan-kawan di lingkungan kita masing-masing," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, sebanyak 75 petani, baik penyuluh, di Kabupaten Mojokerto dibimbing untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan melalui penggunaan benih bermutu dari VUB Padi.
 
"Komoditas pangan khususnya beras, merupakan kebutuhan dasar manusia yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, sehingga upaya peningkatan produksi pangan di dalam Negeri perlu menjadi perhatian," ujarnya.
 
Ia mengatakan, perlu diupayakan ketersediaan secara cukup, memenuhi standar gizi, harga terjangkau dan dapat memberikan keuntungan yang wajar bagi petani, sehingga petani tetap bergairah untuk meningkatkan produksi pertanian.
 
Menurutnya, salah satu upaya dalam peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan adalah penggunaan benih bermutu dari varietas unggul. Selain itu, benih juga merupakan kebutuhan dasar, dalam melakukan kegiatan produksi tanaman.
 
"Penyediaan benih bermutu varietas unggul yang produktivitas tinggi dan sesuai dengan preferensi petani dengan jumlah yang cukup dan tepat waktu adalah salah satu strategi mencapai kecukupan pangan," ucapnya.

Ia mengatakan, profesi petani saat ini sangatlah strategis untuk mempertahankan perekonomian negara dimana petani merupakan ujung tombak dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat sekaligus menjadi capaian pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.
 
 
Sementara itu, melalui Bimtek standardisasi benih VUB itu, Ikfina berharap petani di wilayah Kabupaten Mojokerto mampu mengembangkan benih secara mandiri di wilayah khususnya pengembangan padi untuk varietas-varietas unggul, sehingga dapat membuka wawasan para petani menjadi penangkar benih padi.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022