Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Cabang Kediri, Jawa Timur, menggelar operasi pasar kerjasama dengan pemerintah daerah demi menjaga stabilitas harga, terlebih lagi setelah kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pemimpin Perum Bulog Kantor Cabang Kediri Mara Kamin Siregar mengemukakan dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat rutin menyalurkan beras ke pasaran.

Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) merupakan salah satu program pemerintah untuk menjaga stabilitas harga beras tetap aman dengan menambah pasokan beras ke pasaran.

"Sejak awal tahun hingga hari ini Perum Bulog Kantor Cabang Kediri terus menggelontorkan beras KPSH baik melalui saluran penjualan ritel dan distributor hingga operasi pasar guna memastikan harga beras di masyarakat aman," katanya di Kediri, Senin.

Mara Kamin mengatakan dari hasil pantauan di lapangan, kenaikan harga beras yang terjadi saat ini merupakan salah satu dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak disamping belum banyaknya panen padi.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena Bulog rutin menggelontorkan beras untuk mengendalikan harga beras di pasaran.

Kegiatan KPSH ini, kata dia, juga merupakan instruksi dari kantor wilayah dan pelaksanaannya dilakukan secara masif di seluruh Jawa Timur.

"Masyarakat yang membutuhkan beras dapat mendatangi kantor Bulog, karena setiap hari disediakan beras medium kemasan 5 kilogram dengan harga jauh di bawah harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp9.450 per kilogram," kata dia.

Ia menambahkan, untuk masyarakat Kota Kediri juga dapat mendatangi lokasi operasi pasar yang diselenggarakan setiap hari Rabu di beberapa kelurahan.

"Selain beras, masyarakat dapat membeli bahan pokok lain seperti minyak goreng dan telur ayam," kata Mara Kamin.

Pihaknya menambahkan, Perum Bulog Kantor Cabang Kediri juga menyediakan beras KPSH melalui pasar tradisional dan outlet-outlet binaan seperti rumah pangan yang tersebar di Kabupaten dan Kota Kediri, ditambah Nganjuk.

Ia juga mengatakan, kegiatan operasi pasar atau program KPSH yang dilakukan sepanjang tahun oleh Bulog ini terbukti efektif menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen.

Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari tiga pilar ketahanan pangan yang ditugaskan kepada Bulog yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022