Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai peran aktif generasi muda sangat penting dalam meningkatkan literasi digital untuk mengakselerasi proses transformasi yang mampu mendorong pertumbuhan pada sejumlah sektor di Indonesia.

"Peran aktif generasi muda dalam proses transformasi berbagai bidang di negeri ini lewat literasi digital merupakan langkah strategis yang harus segera direalisasikan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) sekitar 27,94 persen penduduk di dalam negeri berasal dari generasi kelahiran 1997-2012. Sementara itu berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah penduduk generasi Z yang berusia 10-24 tahun sebanyak 68.662.815 jiwa hingga 31 Desember 2021.

Menurut Lestari, generasi Z yang sejak lahir sudah mengenal gawai yang kental dengan teknologi digital bisa berperan aktif dalam proses peningkatan literasi digital masyarakat.

"Hal itu tentunya dibarengi dengan penguatan nilai-nilai luhur kebangsaan dalam prosesnya," ujar dia.

Dia mengatakan pemanfaatan teknologi digital di berbagai sektor pada era saat ini, berpotensi mengakselerasi proses transformasi dalam pembangunan negeri ini.

Baca juga: Guru SMP negeri dan swasta di Surabaya dibekali literasi digital

Pewarta: Imam Budilaksono

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022