Pemerintah Kabupaten Malang menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung pariwisata dalam upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi dari sektor tersebut yang terdampak pandemi COVID-19.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Kamis, mengatakan bahwa penambahan infrastruktur pendukung sektor pariwisata tersebut, akan disiapkan khususnya pada wilayah Malang bagian barat.

"Untuk wilayah pariwisata di Malang bagian barat itu tidak terlalu banyak, nanti kita akan konsentrasi di sana," katanya.

Didik menjelaskan, sejumlah sarana infrastruktur yang akan disiapkan untuk menunjang sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Malang bagian barat tersebut antara lain adalah pembangunan atau perbaikan jalan dan pemasangan lampu penerangan.

Menurutnya, pemasangan lampu penerangan jalan untuk mendukung sektor pariwisata tersebut nantinya akan menggunakan lampu bertenaga matahari. Kebutuhan pendanaan untuk lampu penerangan itu akan dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Untuk satu titik kemungkinan Rp28 juta hingga Rp35 juta. Kalau kebutuhan 100 unit, itu sekitar Rp3,5 miliar dan itu masih memungkinkan dari APBD kita," ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan dan penambahan infrastruktur tersebut sempat terganggu karena adanya pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona beberapa waktu lalu. Akibat pandemi COVID-19, banyak perencanaan Pemkab Malang yang terdampak.

"Masalah utama karena adanya COVID-19 lalu. Itu membuat perencanaan kita terganggu, terlebih untuk pembangunan atau perbaikan jalan," ujarnya.

Namun, lanjutnya, saat ini seiring dengan terkendali dan berkurangnya kasus COVID-19 di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Malang akan kembali fokus pada penyiapan infrastruktur pendukung sektor pariwisata tersebut.

"Kabupaten Malang ini memiliki panjang jalan yang cukup panjang, sehingga, kami akan lebih konsentrasi ke infrastruktur jalan. Jika infrastruktur jalan clear, baru yang lain," ujarnya.

Di wilayah Kabupaten Malang bagian barat, memiliki potensi wisata alam yang cukup menjanjikan. Beberapa daerah tujuan wisata yang ada di kawasan tersebut antara lain adalah Desa Wisata Pujon Kidul, kawasan Kasembon, Ngantang dan lainnya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022