Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) menggelar peringatan HUT Ke-50 Ikawangi di Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Pariwisata RI 2014-2019, Arief Yahya, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono, serta tokoh dan sesepuh organisasi dari Jabodetabek, Sumatera Selatan, dan daerah lainnya di Indonesia.

Dalam siaran pers diterima di Banyuwangi, Senin, Bupati Ipuk Fiestiandani sangat merasakan peran Ikawangi dalam memajukan daerah yag telah mengonsolidasi potensi diaspora di manapun berada, baik di dalam ataupun di luar negeri.

"Semangat teman-teman Ikawangi dalam mengkonsolidasi diri ini adalah modal penting bagi pemkab. Dengan semangat ini, bisa turut mengharumkan nama daerah di luar, bisa turut berkontribusi memajukan ekonomi di Banyuwangi dan sekian dampak-dampak positif lainnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikawangi Pusat Bambang Sugiono mengatakan bangga dengan perkembangan Banyuwangi.

"Banyak keberhasilan-keberhasilan yang diraih Banyuwangi," katanya.

Dia mengatakan, setiap tahun selalu mendapat informasi tentang keberhasilan Banyuwangi.

Seperti Banyuwangi menjadi kabupaten terinovatif se-Indonesia, berturut-turut selama tiga tahun terakhir menjadi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik se-Jawa-Bali 2022, serta berbagai prestasi lainnya.

"Bahkan bisa dibilang tahun ini merupakan tahunnya Banyuwangi. Selain prestasinya, banyak warga yang berkiprah di pentas nasional. Kami juga ikut senang," ujar Bambang.

Dia mencontohkan, seperti Farel Prayoga, anak Banyuwangi yang naik daun setelah aksinya tampil di Istana Negara.

Selain itu, mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang menjabat Menpan RB, serta lainnya.

Anggota Ikawangi saat ini tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk di sekitar 20 negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Hong Kong, Malaysia, Taiwan dan lainnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022