Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan sowan sekaligus menjenguk kiai sepuh Pondok Pesantren Nurul Qadim Probolinggo KH Abdul Jalal yang sedang terbaring sakit.

“Kami sudah empat kali ke sini dan Kiai Jalal pernah mengajak saya berkeliling ke pondok,” ujarnya dalam siaran pers diterima di Surabaya, Sabtu.

Kang Irwan, sapaan akrabnya, beserta rombongan dari pengurus PKS Probolinggo disambut KH Mawardi, salah seorang pengasuh pondok yang sering dipercaya oleh Kiai Jalal. 

Menurut Irwan, Kiai Jalal merupakan sosok kiai pejuang yang punya dedikasi tinggi di bidang pendidikan.

"Semangat berjuangnya patut diacungi jempol. Anggota PKS harus meneladani semangatnya. Tak pernah mengeluh, berjuang siang malam untuk membentuk generasi bangsa Indonesia. Mari doakan agar kiai segera mendapat kesembuhan,” ucap dia. 

Hal itu, kata dia, mengingat visi PKS yang akan diwujudkan sebagai partai Islam Rahmatan Lil’Alamin yang kokoh dan terdepan dalam melayani rakyat beserta NKRI. 

Dalam pertemuan itu, Kiai Mawardi, bercerita tentang kesehatan Kiai Jalal yang disebutnya kecapekan karena aktivitas luar biasa banyak.

"Kiai selalu bangun sebelum jam 3 pagi, dan keliling ke seluruh asrama santri. Setelah semua dikelilingi, kiai kembali ke kamar. Saya yakin, beliau tidak tidur. Lalu, sebelum Shubuh berangkat ke masjid. Aktivitasnya berlanjut sampai Dhuhur," katanya. 

"Padahal kondisi beliau masih sakit. Namun, semangatnya itu membuat kami salut. Kiai juga berencana bertemu dengan teman-teman PKS, namun belum sempat.  Sudah disampaikan ke saya, tapi beliau sakit. Alhamdulillah teman-teman PKS yang kemari," tambahnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022