Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus berupaya meningkatkan kesadaran warganya akan pentingnya upaya preventif kesehatan, salah satunya kampanye edukatif yang dibungkus dalam sebuah festival menghadirkan berbagai layanan kesehatan di ruang publik.

Festival Jenggirat Sehat Banyuwangi digelar di Taman Blambangan, selama dua hari, yaitu 17-18 September 2022.

Festlval ini hasil kolabirasi bareng dari RSUD Blambangan, RSUD Genteng, Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

"Ayo warga Banyuwangi langsung hadir ke sana. Festival ini dibuat agar warga memiliki kesadaran untuk memeriksakan diri selagi badannya sehat. Periksa kesehatan tidak harus menunggu sakit, di saat sehat perlu juga periksa rutin sebagai upaya antisipasi," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu.

Pemkab setempat juga telah mencanangkan puskesmas sebagai Mal Orang Sehat yang mengajak warga memeriksakan diri secara rutin.

"Jangan menunggu sakit baru ke puskesmas, tapi saat sehat harus rutin ke sana juga. Segera cek kesehatan kita. Jadi, kalau ada gejala bisa dicegah lebih dini," kata Ipuk.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi, Arief Setyawan menambahkan festival ini sengaja digelar di ruang publik untuk mengajak warga memeriksakan kesehatannya secara gratis.

"Kolaborasi antarpemangku kebijakan kesehatan Banyuwangi adalah bukti komitmen bersama untuk memperkuat kualitas hidup masyaraka. Badan yang sehat dan bugar juga modal untuk membangun daerah ini," kata Arief.

 Direktur RSUD Blambangan Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan festival ini digelar selama dua hari dengan berbagai kegiatan layanan kesehatan.

Seperti skrining kesehatan, pemeriksaan laborat sederhana, pemeriksaan jantung, treadmill, pemeriksaan dan konsultasi tumbuh kembang anak hingga akupuntur.

"Kami juga ada talk show kesehatan dengan tema penyakit non-menular dan gizi. Narasumbernya para dokter spesialis dengan mengangkat tema antara lain, penyakit stroke, penyakit sendi, stunting, hingga bedah," katanya.

Pada kesempatan sama juga dilakukan penandatangan kerja sama antara Pemkab Banyuwangi dan PT Grab Indonesia untuk pengembangan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yakni program mengantar obat gratis ke rumah pasien kurang mampu.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022