Pengusaha menyambut Forum B20 di Surabaya pada 15-16 September 2022 yang akan membahas ekonomi berkelanjutan, sebagai kegiatan pendukung menuju puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.  

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Surabaya M Ali Affandi mengungkapkan Forum B20 mempunyai arti strategis, khususnya bagi kalangan pengusaha. 

"Ini tentu menjadi kesempatan penting bagi para pelaku bisnis di Surabaya dalam memperkuat relasi, membangun visi internasional dan memperluas pemahaman global. Selain itu, dari sisi pariwisata akan turut mempromosikan beragam hal menarik di Surabaya," katanya, melalui keterangan tertulis di Surabaya, Kamis. 

Menurutnya, Kadin Surabaya sebagai bagian dari dunia usaha di Kota Pahlawan akan berperan aktif. 

"Kami dampingi para delegasi dari luar negeri demi memperkuat relasi. Kami juga promosikan berbagai potensi dan kekuatan bisnis di Surabaya," ujarnya.

Andi, sapaan akrabnya, menyatakan penyelenggaraan Forum B20 juga mendapat dukungan dari para pengusaha yang tergabung di HIPMI Surabaya, APINDO, Entrpreneurs Organization, dan Koalisi Ekonomi Membumi. 

Rangkaian B20 di Surabaya akan diisi dengan diskusi bisnis. Selain itu melihat berbagai keindahan Kota Surabaya dengan berkeliling menggunakan "Surabaya Green Bus". Di antaranya mengunjungi Tunjungan Romansa, menikmati pameran fotografi di Alun-Alun Surabaya, hingga terakhir mengunjungi pusat industri PIER di Pasuruan, Jawa Timur, yang ditutup dengan menanam 2000 pohon mangrove di kawasan tersebut.

Berdasarkan daftar terbaru, sebanyak 250 delegasi dari berbagai negara akan menghadiri Forum B20 di Surabaya. 

"Itu belum termasuk peserta yang hadir secara daring, karena beberapa acara dikonsep hybrid. Mereka datang dari perwakilan negara G20, dunia industri, akademisi, penggerak lingkungan dan bisnis, serta stakeholder lainnya," katanya.

Deputy Chair Finance and Infrastructure Task Force B20 Arief Budiman menandaskan Forum B20 bisa menjadi momentum untuk bersama-sama memperkuat komitmen terkait pengembangan infrastruktur ekonomi pasca pandemi secara lebih berkelanjutan dan memenuhi prinsip kepedulian pada lingkungan.

"Forum B20 akan memfasilitasi pembicaraan tentang bagaimana membangun dunia yang lebih baik pasca pandemi, termasuk bagaimana infrastruktur hijau disiapkan," ujarnya.

Ancaman perubahan iklim ke depan juga akan menjadi pembahasan penting. "Para pelaku usaha harus berperan aktif dalam menjawab tantangan perubahan iklim. Kita harus bergandengan tangan menemukan solusi untuk dunia bisnis yang berkelanjutan," tuturnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022