Global Amines mengumumkan mulai beroperasinya pabrik baru yang memproduksi amina lemak (fatty amines) di Surabaya yang akan memasok kebutuhan para pelanggannya di Asia Tenggara dan mancanegara.

Keberadaan pabrik baru itu juga menambah pasokan fasilitas produksi Global Amines yang sebelumnya sudah ada di China, Eropa dan Amerika Serikat. 

Group General Manager Global Amines Ernesto Horikoshi dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Selasa, menyebutkan produk amina lemak itu digunakan untuk menghasilkan bahan baku utama untuk pembuatan produk perawatan tubuh dan perawatan rumah, seperti surfaktan ringan dan co-surfaktan untuk shampo dan cairan pencuci piring, serta sebagai bahan baku untuk berbagai aplikasi industri.

"Memasok amina lemak yang berdaya saing dan berkualitas tinggi kepada para pelanggan di dunia adalah tujuan utama kami, terutama dengan meningkatnya permintaan di semua pangsa pasar," sebut Ernesto.

Ia mengatakan pembangunan dan memulai operasional pabrik dalam situasi pandemi sangatlah menantang.

"Tapi kami sangat gembira fasilitas baru kami sudah beroperasi demi melengkapi jaringan produksi amina lemak yang mendunia. Tambahan kapasitas sangat besar dan perluasan area produksi ini memungkinkan kami memberikan pelanggan pasokan lebih stabil dan berdaya saing untuk memenuhi kebutuhan mereka yang terus meningkat," ucapnya.

Fasilitas baru Global Amines ini berdiri di kawasan oleokimia terintegrasi terbesar di dunia, tidak jauh dari pasokan bahan baku utama. Hal ini untuk memastikan akses ke kelapa sawit tersertifikasi RSPO dan turunannya yang memenuhi standar produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. 

Selain memperluas kapasitas produksi amina lemak, tambah Ernesto, Global Amines juga memperluas portofolio produksinya untuk lebih mendukung sektor perawatan pribadi dan perawatan rumah, yakni dengan mengumumkan akuisisi bisnis Quats and Esterquats Clariant pada 31 Agustus 2022.

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022