Pemerintah Kota Batu menyerahkan bantuan sosial dan sarana usaha untuk masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di wilayah setempat.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa bantuan sosial dan sarana usaha tersebut diberikan oleh pemkot untuk menambah modal usaha bagi penerima PKH yang telah memiliki usaha sendiri.

"Kami berikan sembilan bantuan sarana, bentuknya berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan keperluan, serta pengajuan proposalnya," ujar Dewanti.

Dewanti menjelaskan bantuan yang diserahkan oleh Pemkot Batu tersebut bertujuan untuk menunjang usaha yang tengah dikembangkan oleh para PKH.

Menurut dia, bantuan tersebut berupa gerobak dorong, gerobak hingga jenset yang diberikan kepada KPM setelah mendapatkan dan menjalan pelatihan.

Selain itu, KPM tersebut juga sudah siap untuk membuka usaha secara mandiri.

"Bantuan diberikan kepada KPM yang telah menjalani pelatihan dan sudah siap untuk membuka usaha secara mandiri," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri mengatakan bahwa program untuk mengembangkan usaha bagi KPM tersebut merupakan program kewirausahaan sosial yang bertujuan untuk menghasilkan wirausahawan baru.

Setelah menerima bantuan dan pelatihan pemberdayaan maka KPM-PKH akan diarahkan untuk berwirausaha dan memiliki usaha sendiri.

Untuk menunjang usaha tersebut, lanjut dia, diberikan bansos dan bantuan sarana agar mampu membuka usaha secara mandiri.

"Nama program ini adalah kewirausahaan sosial, yakni program yang membantu dan membimbing PKH yang sudah lulus dan mandiri," katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

PKH  merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat PKH.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022