Upacara pengibaran dan penurunan Sang Saka Merah Putih HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (17/8) berjalan khidmat dan lancar.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih kepada pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Terima kasih kepada adik-adik paskibraka yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Terima kasih juga kepada para pelatih dan berbagai pihak lain yang turut menyukseskan seluruh rangkaian HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Banyuwangi," katanya.

Ipuk berharap kepada paskibraka akan terus mencetak prestasi untuk membawa nama baik daerah. Bupati Ipuk juga menyampaikan selamat kepada dua orang pelajar Banyuwangi yang terpilih sebagai paskibraka Provinsi Jawa Timur.
Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Banyuwangi. Rabu (17/8/2022) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)


Dua pelajar asal Banyuwangi tersebut, bertindak sebagai petugas pengibar bendera dalam upacara pengibaran bendera, antara lain Sabrina Anisa Andhari (pembawa baki), Bunga Faiza (pemberi aba-aba), M. Dimas Wicaksana (pembawa bendera), Maulidi Iqbal (pembentang bendera) dan Setyo Jatmiko (pengerek bendera).

Sementara petugas penurunan bendera, Irginaya Redita Adirajasa (pembentang bendera), Rahmat Bintang Fernandi (pengerek 1), M. Oden Oase Agil (pengerek 2) dan Revryatussoleha (pemberi aba-aba).

Sementara Salah salah seorang paskibraka, Alvio Yudhistira menyampaikan lega bisa melaksanakan tugas dengan lancar.

"Sempat grogi, tapi Alhamdulillah berjalan lancar. Kami bisa melaksanakan tugas dengan baik," katanya.

Bagi Bupati Ipuk, tahun ini menjadi tahun spesial bagi Banyuwangi lantaran dua anak Banyuwangi turut mewarnai Upacara dan Perayaan Kemerdekaan RI di Istana Negara. Ayumi Putri Sasaki, pelajar SMAN 2 Taruna Bhayangkara Genteng, Banyuwangi terpilih sebagai  petugas pembawa baki pada upacara penurunan bendera di Istana Negara sore tadi.
Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Banyuwangi. Rabu (17/8/2022) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)


Tak hanya itu, Farel Prayoga pelajar SDN 2 Kepundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi juga mendapat kehormatan tampil di depan Presiden Jokowi usai upacara pengibaran bendera Merah Putih di Istana Negara.

Membawakan lagu "Ojo Dibandingke", Farel sukses bikin heboh Istana Negara. Sejumlah menteri dan tamu undangan terlihat ikut bergoyang saat Farel membawakan lagu yang viral di media sosial.

"Terima kasih untuk Ayumi dan Farrel telah membawa nama baik Banyuwangi. Ini menjadi kebanggaan kami semua. Semoga kalian bisa menjadi motivasi bagi para pelajar yang lain di Banyuwangi," tutur Ipuk.

Upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Banyuwangi, digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Upacara diikuti perwakilan TNI/Polri, ASN, Satpol PP, mahasiswa, dan pelajar. Sementara jajaran OPD mengikuti secara virtual di kantor masing-masing.

Usai upacara pengibaran Merah Putih, Bupati Ipuk bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Banyuwangi menyerahkan tali asih kepada puluhan pengemudi ojek online (ojol) dan tukang becak, yang berada di depan kantor pemkab setempat. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022