Mantan Bupati Ponorogo, Jawa Timur Ipong Muchlissoni menyediakan layanan bus gratis kepada warga yang tinggal di Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.
 
"Layanan bus gratis ini semata-mata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Baik untuk keperluan wisata ataupun ziarah bahkan juga bisa untuk acara pernikahan", kata Ipong dalam keterangan pers di Sidoarjo, Kamis.
 
Ipong mengatakan, layanan yang diberikan tersebut sebagai upaya menyapa masyarakat menjelang pencalonan dirinya maju menjadi bakal calon legislatif tahun 2024.
 
"Layanan bus gratis ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," ujar dia.
 
Menurut Ipong, masyarakat tidak perlu repot-repot untuk mencari kendaraan jika membutuhkan karena cukup menghubungi petugas bus yang disiagakan.
 
"Jadi layanan bus gratis tersebut satu paket lengkap dengan pengemudi, bahan bakar minyak (BBM) plus kartu tol elektronik juga sudah kami selesaikan," ujar dia.
 
Dia mengatakan, masyarakat yang akan menggunakan layanan bus gratis tidak usah khawatir dengan sopir, BBM, dan E-Toll jika harus melalui jalan tol.
 
"Karena semuanya sudah kami sediakan dan mereka tinggal menggunakan bus dan kami siap mengantarkan sampai ke tujuan, masyarakat hanya tinggal menyediakan uang untuk keperluan makan, bayar parkir dan belanja oleh-oleh," ujar Ipong.
 
Pengguna layanan bus gratis ini, kata dia, disyaratkan hanya untuk perjalanan paling jauh maksimal 150 kilometer dari Kota Surabaya.
 
"Dengan waktu maksimal 15 jam yakni sejak pukul 06:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB. Serta permohonan penggunaan bus maksimal tiga hari sebelum jadwal keberangkatan," ujar dia.
 
Ipong menambahkan, untuk tahap awal layanan bus yang dikerahkan masih satu unit dan untuk selanjutnya akan ditambah sesuai dengan animo dari masyarakat.
 
"Rencananya akan ditambah melihat animo masyarakat untuk menggunakan layanan bus gratis ini. Dalam waktu dekat jumlah bus akan kami tambah melihat animo masyarakat yang ingin menggunakan layanan bus gratis ini," kata Ipong.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022