Lembaga Amil Zakat (LAZ) Taman Zakat mengajak belasan anak Yatim berbelanja ke toko swalayan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Ke-77 RI sekaligus memperingati Bulan Muharram 1444 Hijriah.

"Kami ingin membahagiakan mereka. Kami persilakan mereka belanja apa saja," ujar Manajer Program Taman Zakat Rohadi kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Kegiatan bertajuk "Shopping Bahagia bareng Yatim" tersebut digelar di Supermarket Palapa di kawasan Sepanjang, Kabupaten Sidoarjo, yang masing-masing anak diberi dana Rp200 ribu.

"Sudah kami sampaikan, uang yang diberikan tidak harus dihabiskan, bisa juga ditabung dan mungkin untuk infaq. Alhamdulillah, saya lihat adik-adik ini sebagian besarnya menyisakan uang untuk ditabung setelah membeli kebutuhan," ucapnya.

Sementara itu, Rohadi juga mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari solusi berbagai permasalahan yang dihadapi para yatim itu.

Momentum Muharram, kata dia, bisa menjadi pengingat bahwa para yatim yang kurang beruntung itu merupakan tanggung jawab bersama.

"Peduli terhadap yatim, tentu saja bukan hanya pada Bulan Muharram, namun setiap bulan dan setiap saat ketika mereka membutuhkan kita," katanya.

Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim dan dijelaskan bahwa menjamu serta bersedekah bukan hanya kepada sang anak yatim, tapi juga keluarganya.

"Mudah-mudahan, sedikit titipan donatur kami ini akan menambah kebahagiaan para yatim," tutur dia.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022