Kearifan lokal nusantara dari berbagai daerah di Indonesia tersaji dalam Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia (WACI) yang menjadi pembuka dalam rangkaian kegiatan Jember Fashion Carnaval (JFC) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Sebanyak lima perwakilan DPD Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) hadir, yakni Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Malang, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Bandung Barat, dan Lombok Tengah untuk memeriahkan karnaval berkelas dunia di Kabupaten Jember dengan beragam kostum yang menjadi ciri khas daerah masing-masing.

"Busana yang kami tampilkan menggambarkan kearifan lokal dan promosi Kabupaten Bandung Barat," kata salah satu peserta WACI dari Kabupaten Bandung Barat, Aida Ratu di Kabupaten Jember.

Menurutnya, beberapa ornamen yang digunakan dalam busana yang ditampilkan dalam WACI, yakni Kujang yang menjadi senjata khas di Tanah Sunda, kemudian lambang macan siliwangi, dan singa dengan perpaduan warna emas dan merah.

"Kami ingin mengenalkan potensi dan kearifan lokal Kabupaten Bandung Barat, sehingga bisa dikenal luas oleh masyarakat yang menonton karnaval JFC di Kabupaten Jember," ujarnya.

Perwakilan Akari Bandung Barat, lanjut dia, melibatkan peserta difabel sebanyak enam orang dari total 22 peserta yang memeriahkan kegiatan Wonderful Artchipelagi Carnaval Indonesia (WACI) di Jember.

Hal senada juga disampaikan oleh perwakilan Akari Mandalika Lombok Tengah Achmad Rifani yang menampilkan busana khas daerahnya dengan tarian dan musik tradisional.

"Ada 80 orang yang berpartisipasi dalam WACI dengan menyuguhkan tema Putri Mandalika dengan kearifan lokal dan busana, serta musik tradisional Lombok Tengah," katanya.

Sementara Ketua DPP Akari David Susilo mengatakan para peserta dalam WACI diharapkan dapat menampilkan beragam kebudayaan dan kesenian masing-masing daerah yang diselaraskan dengan kostum karnaval hasil kreativitas-nya.

Keunikan kostum yang dipadukan dengan kebudayaan masing-masing daerah dan berbagai ornamen yang spektakuler tersebut menghipnotis penonton yang hadir dalam rangkaian JFC ke-20 tersebut.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022