Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu, menggelar Liga Perkutut Jawa Timur Seri V Bupati Cup III 2022 yang diikuti oleh sekitar seribu peserta.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengemukakan bahwa lomba perkutut kali ini pesertanya masih sebatas Jawa Timur dan pada agenda tahun depan serta selanjutnya akan dilaksanakan dengan skala nasional.

"Saya ingin lomba perkutut diadakan setiap bulan Agustus. Tahun depan kami akan mengadakan untuk tingkat nasional," ujar Bupati Karna dalam sambutannya saat membuka lomba perkutut yang berlangsung di Lapangan Pabrik Gula Demas, Kecamatan Besuki,  Situbondo, Sabtu.

Ia menjelaskan meskipun lomba ini masih skala Provinsi Jawa Timur, namun ada beberapa peserta yang berasal dari Jakarta dan Bali.

"Semoga lomba perkutut pada tahun depan dengan skala nasional lebih ramai lagi," kata Bung Karna, sapaan bupati.

Menurut Bupati Karna, lomba perkutut piala bupati ini adalah awal yang baik untuk perkembangan burung perkutut utamanya di Situbondo yang dikenal dengan suara perkututnya yang merdu.

"Lomba burung perkutut ini dilaksanakan karena punya suara yang merdu, yang bisa menenangkan hati," ujarnya.

Bupati meminta kepada peserta dan juga juri untuk menjunjung tinggi sportivitas. Agar lomba yang diselenggarakan berkualitas karena semua peserta punya hak yang sama untuk menjadi juara, termasuk dewan juri harus sportif.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022