Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Arum Sabil meminta adik didik peserta Jambore Nasional XI mengingat pesan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Khofifah Indar Parawansa tentang kebhinekaan.

"Kak Khofifah selaku Kamabida juga telah berpesan agar adik-adik peserta Jamnas memberikan yang terbaik dan berkontribusi maksimal untuk bangsa ini," ujarnya di Surabaya, Kamis.

Jambore Nasional XI akan mempertemukan peserta perwakilan seluruh provinsi di Tanah Air yang digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, pada 12-21 Agustus 2022.

Baca juga: Pramuka Jatim resmikan pembangunan hunian sementara Semeru saat Harkitnas

Peserta dari Jawa Timur telah dilepas secara resmi oleh Khofifah Indar Parawansa di Kamabida sekaligus Gubernur Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (3/8).

Kak Arum, sapaan akrabnya selaku Ka Kwarda, juga mengapresiasi Khofifah yang membekali para peserta dengan nilai-nilai sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka kedua, yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang sesama Manusia.

Selain itu, menurut dia Kamabida Jatim selalu aktif melibatkan kami dalam kegiatan ekonomi produktif di bidang agribisnis, pertanian, lingkungan hidup, dan kemanusiaan.

"Terima kasih. Ini jadi bekal calon peserta untuk mengikuti Jambore Nasional nanti," ucap pengusaha sekaligus petani asal Jember tersebut.

Baca juga: Gubernur Jatim resmikan 50 hunian sementara Semeru yang dibangun Pramuka

Sementara itu, pada Jambore Nasional akan diikuti sebanyak 702 orang dari kontingen Jawa Timur, yang rinciannya 608 anggota penggalang, empat pramuka penggalang berkebutuhan khusus, 80 pembina pendamping, dan 10 orang pimpinan kontingen.

Kontingen tersebut berasal dari 38 kabupaten/kota yang masing-masing mengirimkan delapan putra dan delapan putri, serta seorang pembina putra dan seorang pembina putri.

Saat pelepasan yang diwakili para ketua regu, Khofifah juga berpesan seluruh peserta menjaga martabat bangsa, salah satunya dengan mengimplementasikan semangat Merah Putih pada wujud perbuatan.

"Saya mengajak kepada semuanya, agar hati, pikiran, gerak dan langkah harus berseiring dengan semangat Merah Putih. Terlebih saat ini berada pada Agustus, yakni bulan kemerdekaan," ucap Khofifah.

Sebagai perwakilan Jatim di tingkat Nasional, kata dia, setiap orang wajib mendedikasikan diri untuk membawa misi kemanusiaan, persaudaraan, dan perdamaian.(*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022