Agenda kepariwisataan yang bisa menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, salah satunya menggelar kegiatan memancing di Wisata Bahari Pasir Putih.

Lomba memancing ikan di laut wisata Pasir Putih yang terletak di sisi jalur pantura Desa/ Kecamatan Bungatan, ini, tidak lain untuk melengkapi kenyamanan bagi wisatawan. Kegiatan bertajuk "Mancing Bareng Bung Karna" ini diikuti puluhan peserta dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur. Bahkan, peserta juga datang dari Jawa Barat, seperti Bandung dan Jakarta.

"Kegiatan lomba mancing bareng ini merupakan upaya kami untuk terus mempromosikan Situbondo di sektor pariwisata olahraga mancing," ujar Bupati Situbondo Karna Suswandi usai membuka Lomba Mancing Bareng Bung Karna di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Minggu.
 
Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya ikut mancing ikan di kegiatan Lomba Mancing Bareng Bung Karna di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo. Minggu (31/7/2022) (ANTARA/Novi H)

Ia menjelaskan lomba mancing bareng Bung Karna ini tindak lanjut dari ajang sebelumnya, yakni Mancing Bareng 1 yang dilaksanakan di Pantai Bletok, yang masih satu kawasan dengan Pasir Putih.

Selain menggelar lomba mancing, dalam kegiatan itu pemkab juga mengedukasi masyarakat dengan konservasi alam dan konservasi budaya di lokasi yang sama.

"Kemarin kami juga mengajak masyarakat di kawasan wisata Pasir Putih membersihkan terumbu karang dan sampah di pantai. Sedangkan untuk konservasi budaya, digelar lomba ayam sap-sap," ujarnya.
 
Kajari Situbondo Nauli Rahim Siregar ikut mancing ikan di kegiatan Lomba Mancing Bareng Bung Karna di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo. Minggu (31/7/2022) (ANTARA/Novi H)

Sementara itu, Panitia Pelaksana Lomba Mancing Bareng Bung Karna, Jupri Setyo Utomo, mengemukakan dalam lomba mancing terdapat 45 tim peserta. Mayoritas peserta berasal dari luar daerah, di antaranya Malang, Surabaya, Pasuruan, Bandung, dan Jakarta.

"Dalam event ini kami buka pendaftaran online dan berlaku untuk umum. Regional Jatim ada 27 tim. Ada Jember, Malang, Pasuruan, dan Surabaya. Untuk yang nasional ada ANTV Jakarta dan Bandung, selebihnya masyarakat Situbondo," katanya.
 
Bupati Situbondo Karna Suswandi satu perahu ikut mancing ikan di kegiatan Lomba Mancing Bareng Bung Karna di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Minggu (31/7/2022) (ANTARA/Novi H)

Dari pantauan, Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Kapolres AKBP Andi Sinjaya, Kajari Nauli Rahim Siregar, Dandim 0823 Letkol Inf. Bayu Anjas Asmoro, juga turut memancing di salah satu rumpon ikan yang sudah disiapkan panitia.

Wisata Pasir Putih yang terletak di sisi jalur pantura Desa/ Kecamatan Bungatan ini punya daya tarik tersendiri, mulai pasir putih-nya, ombak yang tenang yang menjadi alasan pengunjung memilih dan ingin berlama-lama dan aman untuk mandi bagi anak-anak. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022