Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Kota Surabaya Riswanto mempunyai cara dalam menyerap aspirasi warga dengan rutin membagikan makanan kepada warga setiap Jumat.

"Ini kegiatan yang rutin digelar tiap pekan, saya menyebutnya Jumat berkah," kata Riswanto yang akrab dipanggil Bang Ris saat membagikan nasi kotak ke warga Bulak Rukem, Bulak, Surabaya, Jumat. 

Bang Ris tidak canggung masuk ke gang-gang sempit dengan berjalan kaki dan membagikan makanan kepada masyarakat kalangan bawah. Untuk Jumat berkah ini, Bang Ris membagikan makanan kepada warga yang tinggal di empat gang meliputi gang 2i, 2j, 2g dan gang kelinci.  

Saat membagikan makanan tersebut, anggota Komisi B ini mengaku diajak curhat oleh ibu-ibu. Sebagai penyambung aspirasi masyarakat, Bang Ris pun menampung semua aspirasi yang kebanyakan dari kalangan ibu-ibu itu.

Menurut Bang Ris, cara seperti cukup efektif untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Hal itu, kata dia, tentunya sudah menjadi kewajiban bagi dirinya sebagai anggota legislatif di Surabaya. 

"Dengan begitu warga tidak lagi canggung menyampaikan aspirasi kepada wakilnya. Ini juga sudah menjadi kewajiban kami untuk hadir di tengah masyarakat," kata dia.

Pada kegiatan Jumat Berkah ini, Bang Ris ditemani beberapa kader PDIP dari Kecamatan Bulak. Mereka membantu membagikan makanan kepada para warga di gang-gang sempit di kawasan timur Surabaya itu. (*)
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022