Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyambut baik rencana dari IAIN Kediri yang akan ekspansi tempat pendidikan di wilayahnya dengan harapan ke depan pengembangan perguruan tinggi itu mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Kami sangat terbuka apabila ada perguruan tinggi yang masuk ke kabupaten. Karena di satu sisi perguruan tinggi ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Rabu.

IAIN Kediri berencana mengembangkan wilayah di Kabupaten Kediri. Selama ini, aktivitas belajar mengajar kampus itu berada di Kota Kediri.

Pihak kampus berencana mengembangkan program pertanian, sehingga Kabupaten Kediri dinilai cocok. Di Kabupaten Kediri, sektor pertanian mempunyai empat produk unggulan yakni kopi, mangga podang, rosella, serta nanas.

Rektor IAIN Kediri Wahidul Anam mengatakan pihak kampus punya program untuk pengembangan pendidikan dengan rencana membuka program studi (prodi) umum seperti pertanian untuk menyambut potensi masyarakat Kabupaten Kediri.

"Prodi ini dibuka untuk merespon keinginan masyarakat dan merespon kearifan lokal yang tumbuh di Kediri," katanya setelah bertemu Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Pendopo Panjalu Jayati.

Pihaknya juga mendukung program Pemkab Kediri untuk pengembangan sektor pertanian. Apalagi Kabupaten Kediri memiliki lahan yang luas dengan sektor pertanian yang juga mendukung, sehingga dinilai cocok jika IAIN Kediri ekspansi pendidikan ke wilayah Kabupaten Kediri.

Namun, untuk kepastian ekspansi itu, dirinya belum bisa menjelaskan dengan lebih detail termasuk kapan waktunya. Saat ini, dari kampus masih konsentrasi pengembangan program yang ada dan secara perlahan akan membuka program studi yang baru.

"Saya kira Mas Dhito sangat bagus program pertaniannya. Ini komitmen yang luar biasa dari pemerintah daerah terhadap pengembangan local wisdom yang ada di Kediri," kata dia.

Anam menyebutkan, dengan ekspansi yang dilakukan kemudian dilanjutkan dengan kolaborasi antara IAIN dan Pemerintah Kabupaten Kediri, ekonomi masyarakat akan cepat meningkat.

"Ekonomi masyarakat akan cepat meningkat kalau ada peran serta pemerintah daerah dan IAIN, ada kolaborasi begitu ya. Apalagi tadi Mas Dhito meminta agar menyegerakan adanya MoU perihal halal center," ungkap Anam. 
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022