Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur, membuat inovasi baru dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) melalui aplikasi bayar pajak pakai sampah bisa langsung dan terintegrasi (Bajak Sambal Terasi) yang dapat diakses oleh anggota bank sampah.
 
"Bajak Sambal Terasi merupakan sebuah aplikasi pembayaran PBB menggunakan sampah yang langsung terintegrasi data pada SISMIOP Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Mojokerto atas pembayaran di bank sampah yang sudah tervalidasi dan lunas," kata Kepala Bidang Pendapatan BPKPD Kota Mojokerto Endra Antariksa dalam keterangan pers di Mojokerto, Rabu.
 
Endra menjelaskan tujuan penggunaan bank sampah sebagai alternatif pembayaran pajak yakni memperluas kanal pembayaran pajak supaya memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran PBB.
 
Ia mengatakan ada beberapa kanal pembayaran PBB seperti melalui mobil pelayanan jemput bola BPKPD Kota Mojokerto, membayar langsung ke kantor pajak, serta melalui toko swalayan seperti Indomaret dan Alfamart.
 
"Diharapkan ketika kanal pembayaran itu diperluas maka memudahkan masyarakat melakukan kewajiban membayar PBB," katanya.
 
Ia mengatakan ada beberapa manfaat dalam aplikasi "Bajak Sambal Terasi" di antaranya pengecekan status pembayaran PBB bagi anggota bank sampah serta saldo yang terintegrasi.
 
"Nantinya aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan Bank Jatim sehingga bila terdapat kelebihan saldo dalam pembayaran PBB saldo tersebut dapat ditransfer ke rekening Bank Jatim yang kedepannya dapat dipergunakan untuk melakukan pembayaran keperluan lainnya," kata Endra.
 
Lebih jauh Endra menyampaikan bahwa melalui aplikasi tersebut transparansi data pembayaran pajak dapat dilihat dan dipantau secara langsung sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.
 
Pada kesempatan ini, Endra juga menyampaikan bahwa tahun 2022 Pemkot Mojokerto kembali mengadakan undian berhadiah tiket umroh gratis dalam gebyar PBB bagi masyarakat yang taat membayar PBB melalui bank sampah pada November 2022 mendatang.
 
"Atas pembayaran menggunakan bank sampah kami juga memberikan hadiah berupa tiket umroh bersama dengan tiga kecamatan yakni Kecamatan Magersari, Kecamatan Kranggan dan Kecamatan Prajuritkulon," ujar Endra.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022