Distribusi air dari Perusahaan Daerah Air Minum di wilayah Surabaya bagian barat terganggu akibat pipa diameter 500 mm (0,5 m) bocor sepanjang 100 meter di Jalan Raya Bangkingan, Lakarsantri, Kota Surabaya, Jatim, Rabu.

Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya Arief Wisnu Cahyono mengatakan, perbaikan pipa bocor di Jalan Raya Bangkingan telah dilakukan pada Rabu ini dan pada pukul 22.00 WIB akan dilakukan penyambungan pipa.

"Estimasi perbaikan pipa bocor sekitar 4 hingga 7 jam," kata Wisnu.

Menurut dia, akibat dari pekerjaan tersebut distribusi air ke pelanggan mengecil hingga tidak keluar di kawasan Kebraon, Balas Klumprik, Pondok Maritim, Grand Harvest, Alamuda Residence, Kemilau Griyaku Regency, Saumberan, Pondok Manggala, Goldern regency.

Selain itu, Rusun Sumur Welut, Bangkingan, Mutiara Regency, Tlogo Tanjung, Gadung, Lidah Kulon, Menganti Jeruk, Lakarsantri, Perum Citra Sentosa, Made, Ngemplak, Alas Malang, Griya Citra Asri, Bringin, Klalah Rejo, Raya Sawo, Tengger, Banjar Sugihan dan sekitarnya.

"Kami minta maaf kepada warga Surabaya atas ketidaknyamanan ini," ujar Wisnu.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mengimbau bagi warga terdampak untuk menampung air secukupnya dan yang membutuhkan air tangki gratis (1 tangki untuk 5-7 kepala keluarga) dapat menghubungi call center 08001926666 (bebas pulsa) atau berkirim pesan melalui WA Center 08123316666 dengan dikoordinir oleh Ketua WT/RW setempat.

Sedangkan mengenai titik lokasi kebocoran, lanjut Wisnu, berada di pekarangan rumah warga yang dibangun di atas tanah negara (tanah pengairan). Sehingga terpaksa dilakukan relokasi jalur pipa sepanjang 100 meter. 

Wisnu mengatakan, pekerjaan relokasi sudah dilaksanakan dan pada Rabu malam ini akan dilakukan koneksi dengan jalur lama. 

"Penanganan di rumah warga sempat terkendala," kata Wisnu. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022