Petrokimia Gresik memastikan hewan kurban yang disalurkan kepada masyarakat dalam agenda rutin tahunan perayaan Hari Raya Idul Adha, bertepatan 1443 Hijriah ini, aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebab melibatkan dokter hewan.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo di Gresik, Minggu, mengatakan, penyaluran hewan kurban tahun ini memiliki makna yang sangat besar, karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Emas atau ulang tahun ke-50 perusahaan tersebut.

"Bantuan hewan kurban tahun ini memiliki makna yang sangat besar, karena menjadi wujud syukur perusahaan atas dukungan masyarakat terhadap Petrokimia Gresik selama 50 tahun berdiri. Sehingga perusahaan mampu memenuhi, bahkan melampaui target dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan mewujudkan pertanian berkelanjutan,” ujar Dwi.

Namun, kata Dwi, sebelum hewan kurban didistribusikan, telah melewati pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan terlebih dahulu, sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Wabah PMK masih terjadi di Jawa Timur, sehingga untuk menghindari risiko saat dikonsumsi dan mencegah penularan virus ini, kami telah memastikan kesehatan hewan kurban yang disalurkan," kata Dwi.

Ia mencatat, pada Idul Adha 2022 Petrokimia Gresik menyalurkan hewan kurban senilai Rp882,6 juta, rinciannya 16 ekor sapi dan 98 ekor kambing, serta diberikan kepada masjid, mushalla, komunitas dan lembaga terkait, serta masyarakat di sekitar perusahaan.

"Penyaluran ini juga sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, yang menjadi agenda rutin setiap Hari Raya Idul Adha," katanya.

Dwi berharap, kegiatan ini bisa memberi manfaat ganda bagi masyarakat. Karena, selain menjadi bentuk partisipasi aktif perusahaan dalam kegiatan keagamaan di sekitar perusahaan, juga dapat mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sektor peternakan.

“Untuk itu saya berharap, masyarakat dapat terus memberikan dukungannya kepada Petrokimia Gresik agar perusahaan dapat memberikan lebih banyak manfaat," katanya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Maslakul Hidayah Kelurahan Ngipik, Suistono, menyampaikan apreasiasi dan terima kasih karena Petrokimia Gresik yang rutin setiap tahun memberikan perhatian kepada masyarakat di sekitar masjid Maslakul Hidayah melalui bantuan sapi kurban.

"Alhamdulillah, kami mendapatkan bantuan sapi kurban. Kondisi hewannya sangat sehat dan dagingnya bagus. Untuk pembagian, daging akan kami bagikan kepada warga Kelurahan Ngipik. Semoga Petrokimia Gresik semakin berkembang," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022