Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)Tjahjo Kumolo dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat pukul 17.35 WIB.

Bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman Tjahjo Kumolo adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Atas nama bangsa, negara, dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Haji Tjahjo Kumolo, jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Pratikno.

Baca juga: Menteri Tjahjo Kumolo telah dirawat di rumah sakit sebelum Rakernas PDIP
Baca juga: Sebelum dimakamkan, jenazah Tjahjo Kumolo disemayamkan di Masjid PAN-RB

Darmabakti yang ditempuh oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, kata Pratikno, dapat menjadi suri teladan bagi semua pihak.

Mensesneg kemudian memberikan penghormatan terakhir dengan menaruh karangan bunga di atas makam Tjahjo Kumolo.

Jenazah Tjahjo Kumolo tiba di lokasi pemakaman TMP Kalibata pada pukul 17.06 disambut dengan pengawalan dari prajurit TNI.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut Tjahjo Kumolo adalah sahabat dan nasionalis sejati

Sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, Jumat pukul 11.10 WIB, setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni 2022.

Baca juga: PDIP Surabaya: Tjahjo Kumolo mengajarkan kesabaran revolusioner

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022