Sebanyak 46 tim peserta cabang olahraga bola voli pantai pada Pekan Olahraga provinsi (Porprov) Jatim mulai digelar di arena pertandingan (venue) Jasalindo/Pasir Putih Water Sport Desa/ Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Minggu (26/6).

Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jatim Khunsofana menyebutkan pada perhelatan porprov kali ini diikuti oleh 46 tim.

"Dari 46 tim itu terbagi atas 28 tim putra dari 14 kabupaten/kota dan 18 tim putri dari 11 kabupaten/ kota di Jawa Timur," ujar Khunsofana kepada wartawan di Situbondo.
 
Pertandingan bola voli pantai Porprov Jatim 2022 di arena pertandingan Jasalindo/ Pasir Putih Water sport Desa/ Kecamatan Bungatan, Situbondo, Minggu (26/6/2022) (ANTARA/HO-Humas KONI Situbondo)

Ia menjelaskan mengenai sistem pertandingan untuk bola voli pantai menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi. Masing-masing tim bertanding minimal dua kali.

Katanya, sistem pertandingan setengah kompetisi ini dibentuk grup. Untuk tim putra dibagi menjadi 9 grup, sedangkan tim putri terbagi ke dalam 6 grup.

"Kalau sudah 16 besar, kami sudah menggunakan sistem gugur, termasuk juga hingga ke final," paparnya.

Menurut Khunsofa, pada Porprov Jatim menyediakan 4 keping medali emas, 4 perak, dan 26 perunggu. Ada pula juara bersama, mengingat pada pertandingan kali ini ada nomor perorangan dan beregu.
 
Pertandingan bola voli pantai Porprov Jatim 2022 di arena pertandingan Jasalindo/ Pasir Putih Water sport Desa/ Kecamatan Bungatan, Situbondo, Minggu (26/6/2022) (ANTARA/HO-Humas KONI Situbondo)

"Sekarang ada nomor perorangan dan beregu, termasuk juga ada juara bersama," tuturnya.

Khunsofa memuji arena pertandingan bola voli pantai di Pasir Putih Water Sport dan menilai lokasi ini menjadi tempat yang representatif untuk dijadikan kawasan olahraga di alam terbuka.

Arena pertandingan bola voli pantai di kawasan wisata Pasir Putih Water Sport ini dirancang menjadi sport tourism, yaitu kegiatan olahraga yang dilakukan di alam terbuka.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022