Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu, melepas kirab obor api Pekan Olahraga Nasional (Porprov) VII Jatim 2022 menuju Pendopo Kabupaten Lumajang, yang juga ditunjuk menjadi tuan rumah ajang dua tahunan tersebut.

Setelah semalam berada di Pendopo Kabupaten Situbondo, api porprov kembali dikirab ke masing-masing kecamatan wilayah barat, dan selanjutnya diserahkan ke Lumajang.

"Api porprov hari ini siap dilepas ke Kabupaten Lumajang," ujar Wakil Bupati Situbondo, Ny. Hj. Khoirani.
Ketua KONI Situbondo Deny Wahyu Pribadi menaiki jeep iringi kirab obor api Porprov Jatim, Rabu (22/6/2022) (ANTARA/Novi H)


Katanya, obor api Porprov Jatim sebelum menuju Lumajang, dikirab dan singgah di setiap kecamatan yang dilalui, hingga ke wilayah barat, yaitu Kecamatan Banyuglugur, yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo.

Wabup Khoirani mengatakan obor api porprov menjadi penyulut semangat atlet yang akan berlaga di ajang Porprov Jatim kali ini. Oleh karena itu, semalam saat obor api ini diinapkan di pendopo, sekaligus dilakukan acara pelepasan kontingen Situbondo.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga mendukung terselenggaranya Porprov Jawa Timur 2022 dan Situbondo ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah.
Ketua KONI Situbondo Deny Wahyu Pribadi dan Kadisparpora Situbondo menyulut obor api Porprov Jatim. Rabu (22/6/2022) (ANTARA/Novi H)


"Saya sebagai ketua KONI secara pribadi dan mewakili seluruh teman-teman di KONI mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, dukungan para ketua cabang olahraga, dukungan semua elemen masyarakat, demi suksesnya Porprov Jatim. Sukses tuan rumah, sukses prestasi, dan sukses ekonomi," katanya.

Deny menambahkan porprov ini diharapkan menjadi momentum terbentuknya atlet berprestasi, serta mampu menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus memberikan prestasi terbaiknya di bidang olahraga, demi majunya Situbondo.

"Mari kita bersama-sama dukung Situbondo untuk menjadi tuan rumah yang baik, tuan rumah yang bisa memberikan pelayanan bagi tamunya. Utamakan akhlak, sesuai dengan jargon pemerintah daerah kita, yaitu mewujudkan Situbondo Berjaya, berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya," ucapnya.
Wabup Situbondo Khoirani, Sekda Syaifullah dan Kadisparpora Tutik Margiyanti menaiki jeep iringi kirab Obor Api Porprov Jatim, Rabu (22/6/2022). (ANTARA/Novi H)


Dari 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Porprov Jatim 2022, Situbondo mengikuti pertandingan di 26 cabang olahraga dengan menerjunkan 202 atlet.

Sebanyak 26 cabang olahraga yang diikuti Situbondo, yaitu futsal, basket, badminton, balap sepeda gunung, voli indoor, senam, tenis lapangan, atletik, tarung derajat, sepak takraw, woodball, pencak silat, balap sepeda, angkat berat, voli pantai, petanque, hoki pantai (indoor/outdoor), anggar, bina raga, renang perairan terbuka, selam, catur, panahan, tenis meja, menembak, dan taekwondo.

Sementara itu, dari 47 cabor yang dipertandingkan pada Porprov Jatim, sebanyak 11 cabang olahraga di antaranya bertanding di arena perlombaan di Situbondo, yakni voli pantai, panjat tebing, renang perairan terbuka (open water swimming/OWS), selam (OBA), hoki pantai (indoor/outdoor), angkat berat, binaraga, anggar, dan petanque. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022