Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth, Australia, menggugah semangat generasi muda dalam membela negara dengan menggelar seminar. 

Konsul Jenderal (Konjen) RI Perth Listiana Operananta mengungkapkan seminar mengambil tema 'Meningkatkan Kesadaran Kaum Ibu untuk Menggugah Semangat Generasi Muda dalam Bela Negara". 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian seri seminar 'Ketahanan Keluarga' yang secara berkala diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan atau DWP KJRI Perth," katanya saat membuka seminar di Perth, Minggu. 

Seminar dihadiri masyarakat Indonesia yang berdomisili di Australia Barat. 

Selain itu dihadiri oleh para undangan secara daring dari perwakilan Dharma Wanita Persatuan berbagai perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, serta perwakilan Dharma Pertiwi dari berbagai pengurus cabang pada komando utama dan satuan yang tersebar di Tanah Air. 

Ketua DWP KJRI Perth Novita Avalist mengungkapkan peran kaum  ibu tidak hanya menjadi insan profesional semata, namun juga menjadi patriot yang mewarisi semangat dan kesadaran bela negara sebagai warisan para pahlawan nasional. 

"Kaum ibu diharapkan menjadi  dasar  pembangun karakter bangsa yang mencetak generasi muda berkepribadian dan berjiwa pancasila," tuturnya, saat memandu jalannya seminar. 

Hadir secara virtual sebagai narasumber melalui Atase Militer RI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra Kolonel CHB Tomy Arvianto yang menyampaikan presentasi tentang sejarah Pancasila, wawasan kebangsaan dan peran ibu serta keluarga dalam menggugah kesadaran bela negara bagi generasi muda Indonesia di mancanegara. 

Dalam kesempatan itu, Konjen RI Perth Listiana Operananta juga menyampaikan pencanangan partisipasi dalam zona integritas wilayah bebas korupsi (ZI-WBK) di tahun 2022. 

"Hal ini merupakan bagian dari penerapan etika Pancasila dan semangat bela negara dalam upaya mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan reformasi birokrasi," ucapnya. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022