Shell Indonesia, sebagai salah satu pemain industri hilir minyak dan gas (migas) Tanah Air mulai serius menggarap pasar Jawa Timur, karena memiliki potensi besar berkembang.

VP Marketing Mobility Shell Indonesia Dian Kusuma Dewi di Surabaya, Sabtu, mengatakan dari tahun 2020 hingga 2021, jaringan bisnis Shell di Jatim mengalami penambahan sangat signifikan, yaitu sebesar 20 persen menjadi 30 SPBU.

"Di Surabaya, jumlah SPBU Shell saat ini telah mencapai 19 unit SPBU," ungkap Dian Kusuma Dewi dalam Diskusi soal Bahan Bakar Minyak (BBM) di Surabaya.

Sedangkan mitra di Jatim, dengan jumlah SPBU Shell mencapai 30 unit, total mitra yang digandeng sebanyak 16 mitra atau diler, dan selain di Surabaya dan Sidoarjo, Shell sudah merambah Gresik, Blitar, Malang, Lamongan, Pasuruan, dan Jombang.

"Kami terus berupaya memperbesar bisnis di wilayah Jatim. Berbagai upaya dan strategis kami lakukan, mulai dari penambahan outlet hingga edukasi pelanggan tentang kualitas BBM Shell," katanya.

Shell Fuel Scientist Colin Chin mengatakan, untuk mempertahankan keunggulan produknya, setidaknya peneliti Shell telah mempekerjakan sekitar 120 ilmuwan membuat inovasi bahan bakar, pengembangan implementasi produk serta untuk membuat produk yang paling sesuai dengan jenis kendaraan.

"Lebih dulu kami melakukan pengumpulan data, setelah itu dilakukan pengujian di laboratorium, dilanjutkan pengujian dengan mesin, pengujian dengan kendaraan dan terakhir pengujian di jalanan. Baru kemudian mendapatkan  bahan bakar yang baru. Proses bisa memakan waktu 10 tahun karena ada banyak langkah yang harus dijalankan," kata Colin Chin.

Ia juga menjelaskan tentang berbagai jenis BBM yang baik untuk kendaraan, salah satunya dengan nilai oktan yang lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan dan tidak memiliki efek negatif.

"Menurut hasil penelitian dari Shell, BBM oktan tinggi yang disertai dengan zat aditif seperti Dynaflex, justru berpengaruh baik terhadap kinerja semua jenis mesin kendaraan bermotor, termasuk mesin mobil tua. Kandungan Dynaflex yang terdapat pada bahan bakar Shell telah terbukti secara ilmiah mampu membersihkan endapan pada mesin kendaraan bermotor, yang lebih banyak terlihat pada mobil tua," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022