Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berharap atlet-atlet dari Kabupaten Kediri bisa optimal memberikan prestasinya dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII bahkan bisa masuk dalam 10 besar.

"Kami berharap para atlet Kabupaten Kediri bisa menorehkan prestasi maksimal," katanya di Kediri, Jumat.

Komite Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menargetkan Kabupaten Kediri bisa masuk 10 besar dalam ajang Porprov Jawa Timur VII.

Target itu lebih tinggi ketimbang capaian kontingen Kabupaten Kediri di ajang Porprov pada tahun 2019, yang menempati finis pada urutan 17 dalam ajang tersebut.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kediri Dedi Kurniawan mengatakan dalam Porprov Jawa Timur VII ini diharapkan dapat memperoleh 22 medali emas, 15 perak dan 15 perunggu.

Target ini juga lebih tinggi ketimbang Porprov 2019, dengan capaian 10 emas, enam perak dan delapan.

Dalam Porprov Jawa Timur 2022, terdapat beberapa cabang olahraga yang diunggulkan antara lain tarung derajat, aeromodeling, dan renang. Namun, untuk cabang olahraga lainnya juga tetap didukung sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan bisa memberikan kemampuan terbaiknya dalam ajang itu.

Dia juga telah mengusulkan pada Bupati Kediri untuk bonus bagi atlet yang mampu membawa medali emas di ajang dua tahunan tersebut. KONI sudah mengajukan kepada Pemerintah Kabupaten Kediri terkait dengan bonus tersebut.

"Bonus yang kami ajukan untuk medali emas Rp20 Juta bagi perorangan, untuk beregu target kami kalau medali emas bisa (dapatkan) Rp100 juta," kata Dedi.

Menjelang Porprov Jatim yang diadakan pada 25 Juni hingga 3 Juli 2022, pihaknya telah melakukan seleksi atlet sejak Januari 2022 dengan Sport Science dan parameter. Bagi atlet yang lolos seleksi, dikirimkan dalam ajang Porprov Jawa Timur ke–VII tersebut.

Sementara itu, Kabupaten Kediri ikut serta sebanyak 24 cabang olahraga dengan 199 atlet, 49 pelatih dan ofisial, serta 18 ofisial nonkampus dalam kompetisi ini.

Porprov VII Jatim 2022 akan digelar pada empat daerah, meliputi Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso mulai 25 Juni hingga 2 Juli 2022.

Terdapat 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan enam cabang olahraga baru yang diekshibisikan. Adapun jumlah peserta yang ikut sebanyak 10.151 atlet, 823 ofisial tim, dan 3.512 ofisial cabang olahraga sehingga totalnya 14.486 peserta di Porprov VII.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022