PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membangun akses link Very Small Aperture Terminal (VSAT) atau internet dedicated untuk Broadcaster di Media Center dengan kecepatan 50 Mbps, untuk mendukung World Surf League (WSL) atau Liga Selancar Dunia 2022 di Banyuwangi, Jawa Timur.

General Manager Wilayah Telekomunikasi Jember yang membawahi wilayah Kantor Daerah Telekomunikasi Banyuwangi Harry Pribadi di Surabaya, Selasa, mengatakan Telkom juga menyiapkan link VSAT internet dedicated untuk ofisial dan peserta dengan kecepatan 20 Mbps.

Selain itu, juga menyiapkan internet wifi gratis di semua camp yang ada di Plengkung, termasuk pergelaran LAN FO sepanjang 1,5 km dan pemasangan 10 access point.

Disamping itu, kata Harry, untuk mendukung kelancaran akses jaringan milik Telkomsel, Telkom juga menyiapkan jaringan FO untuk backbone salah satu tower Telkomsel dan membangun Fiber Optik untuk jaringan internal plengkung sebagai akses delivery bandwidth VSAT  ke Access Point.

"Juga akses untuk Terminasi Otb Node B Grajagan 1033 uplink baru untuk menambah bandwith support WSL," Harry, dalam siaran persnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengapresiasi upaya yang dilakukan Telkom, dan menyampaikan terima kasih kepada Telkom atas pembangunan infrastruktur di kegiatan kompetisi Liga Selancar Dunia.

Sebelumnya, Liga Selancar Dunia digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022.

Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.

Sementara pelaksanaan kompetisi WSL berlangsung di Pantai Plengkung, Banyuwangi dan dimulai pada 28 Mei  sampai dengan 6 Juni 2022.

Banyuwangi dipilih karena menjadi salah satu tempat yang memiliki ombak terbaik di dunia. Ketinggian ombak hingga 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, pantai ini menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022