PT PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBM) melakukan penambahan kapasitor di Gardu Induk (GI) Puger Kabupaten Jember, Jatim, dengan nilai investasi sekitar Rp6,8 miliar guna meningkatkan kualitas layanan konsumen di wilayah itu.

GM PLN UIT JBM Didik F. Dakhlan di Surabaya, Kamis, mengatakan penambahan kapasitor ini guna meningkatkan kualitas tegangan terutama kepada Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) atau industri, seperti PT Semen Imasco Asiatic, serta pelanggan yang berada jauh dari pusat pembangkit.

"Penambahan kapasitor ini juga untuk meningkatkan kualitas tegangan listrik pada pelanggan yang berada jauh dari Pusat Pembangkit. Dengan begitu tegangan listrik lebih handal, khususnya bagi pelanggan KTT yang banyak menggunakan mesin-mesin elektronik dalam produksi," katanya.

Ia mengatakan sebelumnya tegangan kapasitor 1 tercatat sebesar 143 kV, dan dengan adanya penambahan kapasitor akan terjadi peningkatan tegangan menjadi 146 kV, atau naik 2 kV, dengan menyesuaikan kondisi sistem.

Sementara itu, selain melakukan penambahan saat ini PLN UIT JBM juga sedang mempersiapkan pekerjaan energize atau pemberian tegangan untuk Interbus Trafo (IBT) 5 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Krian 500/150 kV 3 x 166,7 MVA.

"Target awal akan energize pada akhir bulan ini. Namun, masih masa siaga Idul Fitri, maka energize kami tunda dahulu sampai setelah masa siaga usai," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022