Pengalihan kendaraan truk logistik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB), melalui Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, akan dimulai  pada H+4 Lebaran, atau 7 Mei 2022.

Kementerian Perhubungan mengalihkan kendaraan truk logistik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Lembar NTB melalui Pelabuhan Jangkar Situbondo, untuk mengurai kepadatan arus balik Lebaran di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

"Malam ini satu unit kapal feri KMP Parama Kalyani sudah tiba dan bersandar di dermaga Pelabuhan Jangkar," kata Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja Jangkar,  Situbondo, Tri Cahyono di Situbondo, Jumat (6/5) malam.
 
KMP Parama Kalyani bersandar di dermaga Pelabuhan Jangkar Situbondo. Jumat (6/5/2022) (ANTARA/Novi H)

Ia menyatakan, KMP Parama Kalyani dijadwalkan akan mengangkut kendaraan truk logistik pada Sabtu (7/5) besok dari Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mengenai teknis di lapangan, katanya, malam ini semua pemangku kepentingan termasuk TNI/Polri segera rapat koordinasi. Salah satunya yang dibahas dalam rakor itu, adalah mengarahkan kendaraan truk logistik tujuan Lembar NTB ke Pelabuhan Jangkar.

"Malam ini kami langsung rapat koordinasi, karena ini baru pertama kali, tentunya kendaraan truk logistik kami arahkan ke Pelabuhan Jangkar. Misalnya di jalur pantura (pertigaan) akan ditambah banner arah ke pelabuhan, yang tentunya di jalur pantura ada petugas juga yang mengarahkan," katanya.

Tri Cahyono menambahkan, kapal feri yang akan beroperasi rute Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Lembar NTB selama arus balik Lebaran sebanyak lima armada, sedangkan satu armada kapal lainnya masih dalam perbaikan.

"Besok KMP Parama Kalyani diperkirakan akan bertolak mengangkut kendaraan truk logistik ke Lembar NTB, sekitar pukul 10:00 WIB," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022