Pengelola objek Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur, mencatat dalam dua hari sejak hari kedua hingga H+1 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pengunjung wisata mencapai 5.512 orang.

Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasir Putih Situbondo, Yasin Maksum mengatakan bahwa kunjungan wisata pantai di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, itu, pada libur Lebaran 2022 terjadi sejak hari kedua hari raya, dan mayoritas pengunjung menggunakan kendaraan roda empat.

"Pada Selasa (3/5) kemarin, jumlah pengunjung wisata sebanyak 2.310 orang, dan pada hari ini meningkat 3.202 orang pengunjung," katanya di Situbondo, Rabu.
Pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, pada libur Lebaran 2022. Rabu (4/5/2022) (ANTARA/Novi H)


Ia mengemukakan, pada hari kedua Lebaran pengunjung rata-rata menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 119 kendaraan, dan roda empat sebanyak 447 kendaraan.

Sedangkan pada H+1 Lebaran, lanjut dia, pengunjung menggunakan kendaraan roda dua tercatat 196 unit, dan roda empat sebanyak 512 kendaraan.

Sementara hunian hotel yang dikelola perusahaan umum daerah itu, yakni Hotel Sido Muncul 1 dan Sido Muncul 2 serta Hotel Pavin-1  juga meningkat, dan rata-rata okupansinya mencapa 80 persen.
 
Pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, menaiki perahu layar pada libur Lebaran 2022. Rabu (4/5/2022) (ANTARA/Novi H)

"Alhamdulillah kunjungan wisata maupun hunian hotel pada libur Lebaran tahun ini meningkat," tutur Yasin.

Ardian, salah seorang pengunjung wisata asal Malang, mengaku sengaja singgah ke Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, meski wisata pantai yang berada di jalur pantura itu bukan tujuan utama berlibur bersama keluarganya.

"Karena lokasinya di jalur pantura, saya bersama keluarga singgah di sini. Kami biasa mampir di Pasir Putih meski tujuan kami berlibur ke Bali. Pantainya bagus, ombaknya juga tenang, cocok untuk mandi anak-anak," katanya.
 
Pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, bermain kano pada libur Lebaran 2022. Rabu (4/5/2022) (ANTARA/Novi H)

Dari pantauan, ribuan pengunjung wisata Pasir Putih tampak mandi di laut, bermain kano, naik perahu layar maupun perahu motor bagi pengunjung bisa berkeliling di laut yang ombaknya begitu tenang.

Tak hanya itu, pengunjung wisata Pasir Putih juga bisa menikmati keindahaan bawah laut dengan cara menyelam (snorkeling) atau menggunakan alat kotak kayu dilengkapi kaca yang disediakan pemilik perahu layar. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022