Sejumlah pasien bibir sumbing di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mendapat kesempatan untuk menjalani operasi secara gratis di Rumah Sakit Muhammadiyah di kabupaten setempat.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengunjungi sejumlah pasien bibir sumbing yang akan melakukan operasi di Rumah Sakit Muhammadiyah Lumajang, Sabtu.

"Kegiatan bakti sosial itu diselenggarakan Badan Amal Internasional Smile Train yang bekerja sama dengan pemerintah kabupaten, Lazizmu, Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dan Rumah Sakit Muhammadiyah Lumajang," kata Wakil Bupati yang akrab disapa Bunda Indah itu di Lumajang.

Pemkab Lumajang menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang luar biasa dengan berbagai lembaga karena pihaknya merasa terbantu terutama untuk masyarakat Lumajang yang menderita bibir sumbing.

"Ada delapan pasien bibir sumbing yang menjalani operasi secara gratis. Dalam kesempatan itu, hadir dokter spesialis bedah plastik dari rumah sakit ternama di Surabaya," tuturnya.

Ia berharap semakin banyak anak yang mengalami bibir sumbing yang dapat terbantu secara gratis dengan menjalani operasi di rumah sakit yang berada di Kabupaten Lumajang.

"Saya juga berpesan agar ibu-ibu yang sedang hamil juga mengonsumsi asupan vitamin dan gizi yang dibutuhkan tubuh, sehingga saat lahir nanti anak-anak tumbuh dengan baik serta bisa mencegah kekerdilan," katanya.

Pemkab Lumajang akan berusaha semaksimal mungkin memastikan seluruh warganya mendapatkan akses kesehatan termasuk pasien bibir sumbing yang berada di kabupaten setempat akan difasilitasi untuk operasi bibir sumbing.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022