Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-108 Kota Malang, Jawa Timur, dijadikan momentum untuk kebangkitan dan membangun kembali sendi-sendi ekonomi dan sosial kemasyarakatan di wilayah tersebut.

Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, Jumat mengatakan bahwa peringatan HUT ke-108 Kota Malang, menjadi sebuah refleksi semangat kebangkitan untuk membenahi berbagai sektor pembangunan yang terdampak pandemi COVID-19.

"Penguatan dilakukan melalui kolaborasi dan persatuan guna menciptakan akselerasi pembangunan yang mensejahterakan," kata Sutiaji.

Sutiaji menjelaskan, ia merasa optimistis pembangunan dan kebangkitan ekonomi Kota Malang akan bergerak cepat, mengingat penanganan pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona yang sudah berjalan dengan baik.

Menurutnya, keyakinan tersebut juga tercermin dari pertumbuhan ekonomi Kota Malang pada 2021 sebesar 4,21 persen, setelah pada 2020 pertumbuhan ekonomi di wilayah itu mengalami kontraksi sebesar 2,26 persen.

Ke depan, lanjutnya, arah pembangunan Kota Malang akan berfokus pada pemantapan industri kreatif melalui transformasi digital, yang didukung dengan infrastruktur yang terintegrasi. Sektor ekonomi kreatif sempat terkontraksi 8,85 persen pada 2020.

"Namun pada 2021 telah tumbuh 4,96 persen. Tidak dapat dipungkiri, geliat ekonomi kreatif berhasil memberikan kontribusi dalam mendorong naiknya angka pertumbuhan ekonomi di Kota Malang," tambahnya.

Pada 2022-2023, Pemerintah Kota Malang melakukan kebijakan Malang Mendunia dengan memacu ketertarikan korporasi global untuk berinvestasi di Kota Malang, termasuk memperluas pasar dan mengedepankan aktivasi dunia usaha guna menciptakan iklim usaha yang kondusif.

“Saat ini, spirit dalam menguatkan ekonomi kerakyatan berbasis ekraf sudah berdampak luas bagi masyarakat, melalui pengembangan 17 subsektor ekraf yang dimiliki Kota Malang mampu menyediakan kurang lebih 12.823 lapangan usaha," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan atas kerja sama, dukungan, partisipasi serta perjuangan seluruh elemen masyarakat Kota Malang, dalam mengawal keberhasilan pelaksanaan berbagai program pembangunan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022