Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah pada penutupan Muhibah Jalur Rempah 2022, seiring kesuksesan daerah yang dipimpinnya menjadi tuan rumah Festival Jalur Rempah 2021.

"Saya siap menyambut dengan bangga kedatangan laskar rempah dalam agenda Muhibah Jalur Rempah tahun 2022 di Kota Mojokerto," katanya usai menghadiri rapat koordinasi kegiatan Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2022 di Century Park Hotel Senayan, Jakarta, Jumat.

Melalui keterangan tertulisnya, perempuan yang akrab disapa Ning Ita itu mengatakan Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah tahun 2022 yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan bekerja sama dengan TNI AL yang melibatkan kapal legendaris KRI Dewaruci.

"Tahun ini rute Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2022 adalah Surabaya, Makassar, Baubau Buton, Ternate-Tidore, Banda Neira, Kupang, dan semoga penutupannya bisa digelar di Kota Mojokerto," katanya.

Ning Ita menyampaikan bahwa Kota Mojokerto yang dilalui Sungai Brantas memiliki peran yang cukup besar dalam transportasi perdagangan rempah di masa lampau.

"Kekayaan rempah di Tanah Air ini sebagai salah satu warisan nenek moyang yang seharusnya dapat dilestarikan dan dikembalikan kejayaannya," katanya.

Melalui Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah, Ning Ita berharap bisa mengenalkan kepada masyarakat, terutama generasi muda mengenai kekayaan rempah di Indonesia.

"Dan melalui acara ini sukses menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022