Sebanyak 10 Ketua DPC Partai Demokrat di Jawa Timur bersepakat dan berkomitmen mengawal dan mendukung Emil Elestianto Dardak pada Musyawarah Daerah (Musda) VI tahun 2022.

Ketua DPC Demokrat Ponorogo Miseri Efendi di Surabaya, Rabu, mengatakan Jatim merupakan lumbung suara partai dan Emil Dardak disebutnya memiliki rekam yang mumpuni untuk memimpin partai lima tahun ke depan. 

"Jadi malam ini kita kumpul konsolidasi, dan besok musda. Kami ingin menyinkronkan nantinya siapa yang layak diusulkan ke DPP untuk jadi ketua. Kami juga samakan visi misi Demokrat untuk 2024," ujarnya.

Ia mengklaim dukungan kepada Emil Dardak mencapai angka 12 DPC dan diyakini bertambah menjelang musda.

Miseri juga berharap Emil Dardak terpilih sebagai ketua definitif, sehingga tugas untuk mengembalikan kejayaan Demokrat dapat teralisasi. 

Hal senada disampaikan Ketua DPC Demokrat Kota Kediri Djaka Siswa Lelana yang mengatakan alasan mendukung Emil karena rekam jejak yang jelas saat menjabat kepala daerah. 

"Kita tahu betul prestasinya saat menjadi Bupati Trenggalek, dan sekarang Wagub Jatim. Intinya DPC jelas melihat rekam jejak," ucapnya.

Musda Demokrat kali ini, kata dia, diharapkan menjadi ajang momentum kebangkitan menyambut Pemilu 2024.

Sementara itu, konsolidasi dan dukungan juga datang dari Ketua DPC Demokrat Bojonegoro Sukur Priyanto, Ketua Ketua DPC Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, Ketua DPC Demokrat Situbondo Janur Sasra Ananda dan Ketua DPC Kota Pasuruan Fatchurahman.

Berikutnya, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Blitar Edy Masna Nurochman, Ketua DPC Demokrat Tulungagung Sofyan Heryanto, Ketua DPC Demokrat Trenggalek Mugianto, dan Ketua DPC Demokrat Kota Batu Hendra Angga Sonata.

Di Jatim, pelaksanaan Musda Demokrat digelar Kamis, 20 Januari 2022 di Surabaya yang diprediksi akan diikuti dua kandidat sebagai calon ketua definitif, yakni Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga.

Saat ini, Emil Dardak adalah Plt Ketua DPD Demokrat sekaligus Wakil Gubernur Jatim, sedangkan Bayu Airlangga Plt Sekretaris DPD Demokrat serta wakil Ketua Komisi A DPRD tingkat provinsi setempat. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022