Pemerintah Kabupaten Trenggalek mendorong para pengusaha muda yang tergabung dalam wadah HIPMI untuk aktif dalam mengungkit perekonomian daerah agar terus bertumbuh sehingga memperluas lapangan kerja sekaligus membantu mengentaskan kemiskinan.

"Ini teman-teman pengusaha muda yang siap berkolaborasi dengan kita. Impian kita terbesar untuk teman-teman yang berjuang ini dua hal, satu bagaimana transformasi ekonomi dan yang kedua adalah bagaimana kita memutus kemiskinan,” kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Trenggalek, Rabu.

Agar capaian lebih optimal, Arifin menyarankan masing-masing pelaku usaha saling berkolaborasi dan bisa berinvestasi di jalur linier dengan usaha yang banyak digeluti masyarakat.

Misalnya, produksi hilirisasi produk-produk pertanian, perkiraan hingga memberdayakan masyarakat lewat unit-unit usaha yang ada di desa baik melalui desa wisata atau BUMDes.

"Tolong pemerintah dibantu mikir, privat sektor atau teman-teman muda yang ada di HIPMI ini mari kita bersama-sama," ujarnya.

Selain soal kolaborasi bersama BPC-HIPMI, langkah lainnya yang dilakukan Trenggalek adalah membuat terobosan lelang investasi. Lelang investasi itu memberikan berbagai kemudahan bagi para investor untuk berinvestasi. Mulai dari insentif pajak daerah, kemudahan pengurusan perizinan hingga penyiapan lahan clean and clear, sehingga investor tak perlu susah payah membeli lahan.

"Nanti kalau bisa kerja sama dengan sektor lokal, petani-petani lokal, teman-teman HIPMI ikut mengawal rasanya saya optimis ekonomi di Trenggalek ini bisa bangkit," katanya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua BPC HIPMI Trenggalek Didit Sasongko menyebut langkah pemerintah setempat selaras dengan cita-cita para pengusaha muda tersebut.

Pihaknya bakal berkolaborasi sebaik mungkin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Trenggalek.

"Rata-rata kami dari pengusaha lokal Trenggalek, tentunya merasa terpanggil untuk bisa berusaha sekaligus membantu dan mendukung kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Kami akan berusaha semaksimal mungkin membantu program beliau dengan mengoptimalkan segala lini usaha yang kami mampu dan bisa kita kolaborasikan dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek,” katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022