PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) melakukan uji dinamis atau test run internal kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang merupakan pesanan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) .

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan pengujian KRDE pesanan KAI tersebut bertujuan melihat performa dari kereta.

"Ini kita lagi menguji, karena persyaratannya harus lulus uji di jalan 1.000 kilometer. Ini ada beban-beban beton yang diibaratkan penumpang untuk diuji di kondisi full penumpang. Yang kita uji ini yang pasti performa, utamanya adalah kecepatannya kemudian pengeremannya," ujar Budi dalam keterangannya yang diterima di Madiun, Kamis.
 
PT INKA (Persero) melakukan uji dinamis atau test run internal Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) pesanan dari PT KAI (Persero) untuk melihat performansi dari kereta. (ANTARA/HO-Humas PT INKA)


Menurut dia, KRDE yang diuji internal tersebut merupakan pesanan yang ke-3 dari PT KAI (Persero). Jumlahnya mencapai 4 trainset atau rangkaian.

PT KAI (Persero) telah tiga kali melakukan pesanan KRDE ke PT INKA. Pesanan pertama adalah KRDE yang saat ini telah dioperasikan untuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Sedangkan pesanan KRDE yang kedua adalah yang telah dioperasikan untuk Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo.

Budi menambahkan KRDE kali ini memiliki mesin penggerak menggunakan diesel elektrik yang dioperasikan oleh masinis.

Adapun susunan dari setiap rangkaiannya terdiri dari TeC1 (Trailer engine Cabin), M (Motor),T (Trailer), TeC2 (Trailer engine cabin). (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021