Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, berhasil meraih penghargaan menjadi juara tiga untuk kategori daerah dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di atas Rp100 triliun dalam Investment Award 2021.

Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Kamis mengemukakan, penghargaan tersebut merupakan hal yang membanggakan, karena Kota Kediri dapat bersaing dengan kota/kabupaten besar lainnya. 

Meskipun belum meraih juara pertama, kita patut bangga karena kita dapat bersaing dengan kota/kabupaten yang memiliki industri besar seperti Sidoarjo dan Gresik," katanya di Kediri. 

Sekda mengungkapkan bahwa Pemkot Kediri akan terus berupaya meningkatkan pelayanan, SDM, infrastruktur dan sarana pendukung lainnya. 

"Kami akan terus berbenah dan berupaya membangun dan memperbaiki berbagai aspek untuk penopang gerak pemulihan ekonomi berbasis investasi," ujar dia. 

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri Edi Darmasto mengatakan bahwa pada penilaian Investmen Award terdapat empat aspek, yakni kelembagaan, promosi penanaman modal, pelayanan perizinan dan kinerja penanaman modal. 

"Keempat aspek ini, Kota Kediri sudah dapat memenuhinya dengan baik, terutama pada aspek pelayanan perizinan, terdapat banyak inovasi pelayanan perizinan," kata dia. 

Edi juga mengungkapkan bahwa apresiasi yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini merupakan cambuk bagi Pemkot Kediri untuk terus meningkatkan empat faktor tersebut. 

"Penghargaan ini merupakan penyemangat bagi kami. Kita akan mengevaluasi kembali kekurangan dari empat faktor penilaian dan akan kita tingkatkan," ujar dia. 

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada Kota Kediri diwakili oleh Sekda Kota Kediri di Ballroom Hotel JW Marriott Surabaya. (*) 
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021