Universitas Surabaya dan Politeknik Universitas Surabaya meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) 2021 yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII.

Ubaya menjadi perguruan tinggi swasta kategori universitas di Jawa Timur, sementara Politeknik Ubaya memperoleh penghargaan AKU 2021 sebagai perguruan tinggi kategori vokasi terbaik nomor satu di Jatim.

"Penghargaan AKU 2021 merupakan bentuk apresiasi pihak luar kepada Ubaya dan Politeknik Ubaya yang dinilai mampu menjaga dan meningkatkan kualitas mutu lembaga pendidikannya," kata Rektor Ubaya Benny Lianto melalui keterangannya, Jumat. 

Ubaya dan Politeknik Ubaya selalu berupaya melakukan yang terbaik dan mementingkan kualitas pendidikan nomor satu. Oleh karena itu, penganugerahan kampus unggul dimaknai sebagai wujud hasil kerja dari sivitas akademika Ubaya dan Politeknik Ubaya.

"Kekuatan utama yang menonjol dari Ubaya ada pada penelitian dan publikasi, prestasi kemahasiswaan, inovasi, pengelolaan lembaga yang baik dan dosen yang berkualitas," katanya.

"Selain mempertahankan apa yang telah dicapai, langkah Ubaya ke depannya adalah mendorong penguatan implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), mendukung prestasi kemahasiswaan dan inovasi di kampus," ucap Benny Lianto.

Selain mendapat penghargaan AKU 2021 kategori universitas dan perguruan tinggi vokasi, Ubaya juga memperoleh penghargaan di bidang khusus yang diberikan oleh LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur. 

Penghargaan tersebut yaitu Kinerja Bidang Kemahasiswan Terbaik dan Perguruan Tinggi Afiliasi Terbaik di SINTA.

"Jangan berpuas diri, tapi penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi dan memicu kinerja sivitas akademika menjadi lebih baik," ujar Benny Lianto. 

Direktur Politeknik Ubaya Agung Sriwardhani sangat bersyukur karena tahun ini pihaknya dapat meraih kembali penghargaan AKU 2021 sebagai perguruan tinggi kategori pendidikan vokasi terbaik di Jawa Timur. 

Politeknik Ubaya telah meraih penghargaan AKU sebanyak tujuh kali berturut-turut sejak tahun 2015.

Menurutnya, penghargaan AKU 2021 menjadi simbol prestasi sekaligus bukti atas konsistensi Politeknik Ubaya dalam menjaga kualitas pendidikan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan kerja sama Politeknik Ubaya, dosen industri atau praktisi, para alumni, dosen, karyawan dan seluruh mahasiswa atas dukungannya untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Semua pihak sangat berperan dalam penghargaan AKU sehingga dapat terwujud," ujarnya.

Ada empat kriteria penilaian dalam penghargaan AKU yaitu kelembagaan dan kerja sama, pendidikan dosen dan tenaga kependidikan, riset dan pengembangan, inovasi, serta pembelajaran dan kemahasiswaan.

Politeknik Ubaya sudah menyiapkan rencana ke depan dengan terus meningkatkan kerja sama dengan industri dalam mengembangkan kurikulum, penempatan magang, lowongan kerja dan magang dosen. 

Dosen Politeknik Ubaya akan didukung untuk kenaikan pangkat dan sertifikasi dosen. Mahasiswa juga didorong untuk lebih aktif terlibat dalam program MBKM. 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021