Pengurus Provinsi Federasi Triathlon Indonesia Jawa Timur mengusulkan perlombaan eksibisi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022, seiring terbentuknya pengurus cabang olahraga triathlon di Situbondo, Jawa Timur.

Eksibisi triathlon menjadi yang pertama kali dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022, yang akan dihelat di Situbondo.

"Kami juga ingin adakan eksibisi triathlon di Situbondo. Jika ini terselenggara maka eksibisi triathlon pada gelaran Porprov Jatim tahun depan akan menjadi yang pertama kali di Indonesia karena daerah lain belum ada," ujar Ketua Pengprov FTI Jawa Timur Armando usai Muscab FTI Situbondo di Wisata Pasir Putih Water Sport Desa/ Kecamatan Bungatan, Situbondo, Selasa (16/11) malam.

Menurut dia, triathlon merupakan cabang ooahraga baru di Indonesia, namun sudah dilombakan beberapa kali, termasuk di PON XX Papua. Bahkan, tahun depan akan dilaksanakan juga di Sumatera Utara dan Aceh.

"Situbondo sangat ingin prestasi cabang olahraga triathlon. Ini gayung bersambut, karena kepengurusan triathlon sudah dibentuk," kata Armando yang juga menjabat sebagai Ketua Bina Prestasi FTI Pusat itu.
Muscab Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Situbondo, di wisata Pasir Putih Water Sport Desa/ Kecamatan Bungatan, Situbondo. Selasa (16/11/2021) (ANTARA/Novi H)


Armando mengatakan untuk mencari bibit atlet triathlon di Situbondo tidaklah sulit karena cabang olahraga triathlon bukanlah olahraga talenta. Siapapun bisa asalkan mau berlatih dengan rajin.

"Kami berusaha keras untuk mencari potensi atlet Situbondo. Dan itu mudah karena bukan olahraga talenta. Tapi olahraga endurance, mentality, jiwa petarung, dan semacamnya," ucapnya.

Ia menambahkan, pertandingan eksibisi triathlon sangat mungkin di helat pada ajang Porprov Jatim 2022. Fasilitas sudah lengkap, bahkan Pemkab Situbondo sudah bersurat ke Pemprov Jatim untuk diadakan eksibis cabor triathlon.

"Pemkab Situbondo sudah berkirim surat ke Pemprov Jatim terkait olahraga eksibisi cabor triathlon," tutur Armando.

Kepengurusan Federasi Triathlon Indonesia Kabupaten Situbondo, sudah terbentuk melalui muscab dan Syudi Prayitno terpilih secara aklamasi sebagai Ketua FTI Kabupaten Situbondo.

Terpilihnya Syudi Prayitno setelah mendapatkan dukungan penuh dari 17 orang yang merupakan perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, praktisi olahraga, simpatisan, dan penghobi olahraga.

Wakil Ketua KONI Kabupaten Situbondo Harizki Firman Tadiansyah menambahkan, dengan terbentuk kepengurusan cabor triathlon, sehingga jumlah cabang olahraga di Situbondo bertambah menjadi 33 cabor.

"Sebelumnya di Situbondo ada 30 cabang olahraga, dalam sebulan terakhir bertambah tiga cabor, yakni cabor cricket, cabor gateball dan cabor triathlon," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021