Praktisi wisata Kabupaten Malang R Djoni Sudjatmoko gencar mengampanyekan Program "Beli Indonesia Kita Kaya" di hadapan belasan finalis Joko dan Roro Kabupaten Malang 2021.

Selain mengampanyekan Program "Beli Indonesia Kita Kaya", pemilik NK Cafe itu, juga memberikan wejangan terkait keharusan untuk selalu mencintai produk-produk dalam negeri melalui program tersebut.

"Produk Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Malang sebenarnya tidak kalah dengan produk-produk dari luar negeri," kata Djoni yang juga Pembina Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya di Malang, Jumat.

Ia berharap para finalis Joko dan Roro tersebut bangga sebagai warga Indonesia dengan mencintai produk-produk dalam negeri, serta bisa ikut memasarkan produk dalam neger tersebut.

Menurut pria yang lebih nyaman dipanggil Tukang Taman ini, sebagai pemuda dan pemudi pilihan yang berkualitas dan generasi millenial, diharapkan bisa menjadi duta pariwisata yang mampu membawa Kabupaten Malang ke kancah nasional, bahkan internasional.

Selain itu, lanjutnya, Joko dan Rojo juga harus bisa memperkuat semangat kebangsaan.

Untuk itu, lanjut Djoni, sebagai role model untuk bisa merajut kebersamaan dalam mengampanyekan Program "Beli Indonesia Kita Kaya". Dengan kebersamaan tersebut, mental bangsa Indonesia terangkat, dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

“Saat ini mental kita sedang 'down', karena kita banyak beli barang dari luar (asing). Oleh karenanya, harus kita tinggikan dengan memakai produk dalam negeri yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri. Kita ini kaya sumber daya alam, kita harus percaya diri,” ucapnya.

“Jika kita percaya diri, kita bisa mengangkat negeri kita. Kalau nggak percaya diri dengan Indonesia, kemungkinan besar akan beli produk asing dan gampang dipengaruhi oleh bangsa lain," katanya. (*)

 

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021