Relawan Forum Relawan Penanggulangan Bencana Daerah (FRPB) Pamekasan, Selasa malam, melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lokasi penginapan peserta Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tProvinsi Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Pamekasan.

Para relawan ini mendatangi satu-persatu tempat penginapan para kafilah MTQ XXIX dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

"Ini kami lakukan, sebagai bentuk kepedulian, sekaligus tanggung jawab kami selaku tuan rumah, dalam pelaksanaan MTQ kali ini," kata Ketua FRPB Pamekasan Budi Cahyono, di Pamekasan, Selasa.

Pada ajang MTQ XXIX kali ini, pihaknya menerjunkan semua anggotanya yang berjumlah 40 orang membantu pemkab dalam banyak hal, seperti melakukan pendataan peserta, memeriksa suhu tubuh dan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala ke semua fasilitas yang digunakan oleh peserta dan panitia lomba.

Budi menjelaskan, Pemkab Pamekasan telah menargetkan empat sukses dalam pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Pamekasan kali ini. Masing-masing sukses pelaksanaan dan prestasi, sukses penerapan disiplin protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran COVID-19, sukses ekonomi dan sukses membangun atmosfir Qurani bagi warga Pamekasan.

"Dukungan FRPB dalam berupaya mencegah penyebaran COVID-19, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan," katanya, menjelaskan.

MTQ XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Pamekasan itu diikuti sebanyak 1.303 peserta dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Pembukaan kegiatan ini akan digelar pada Rabu (3/11) malam oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan akan dimeriahkan dengan parade batik tulis dan beragam jenis kesenian tradisional Madura.

Lomba akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring, dengan pola penerapan protokol kesehatan ekstra ketat dan semua peserta peserta harus divaksin COVID-19.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021