Pemerintah Kota Batu berupaya untuk mendorong langkah percepatan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) untuk menciptakan kekebalan kelompok dari virus corona.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko usai mengikuti Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19 dan Persiapan Natal dan Tahun Baru, di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa, mengatakan saat ini capaian vaksinasi lansia warga Kota Batu  mencapai sekitar 50 persen.

“Untuk keseluruhan (vaksinasi) sudah 90 persen lebih. Tapi, khusus untuk lansia hampir 50 persen. Mudah-mudahan bulan ini selesai, bisa 60 persen. Kita genjot seperti itu,” kata Dewanti.

Dewanti menjelaskan dalam upaya melakukan percepatan vaksinasi untuk warga lanjut usia tersebut, Pemerintah Kota Batu juga menyiapkan langkah vaksinasi dari rumah ke rumah. Langkah tersebut disiapkan sebagai upaya percepatan vaksinasi lansia.

Ia menambahkan saat ini masih dilakukan proses pendataan melalui kelompok Dasa Wisma bagi warga lanjut usia tersebut. Jika proses pendataan sudah rampung, pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah akan segera dilakukan.

“Jadi, sekarang pendataan Dasa Wisma sudah dilakukan. Ketika Dasa Wisma sudah ada datanya, tinggal kita jemput bola dari rumah ke rumah,” ujarnya.

Saat ini, selain melakukan upaya percepatan untuk vaksinasi para lansia, Pemerintah Kota Batu juga berupaya mengakselerasi vaksinasi dosis kedua. Diharapkan vaksinasi dosis kedua bisa berjalan tanpa ada kendala.

Berdasarkan data Pemerintah Kota Batu, saat ini sebanyak 149.016 warga yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan untuk dosis kedua sebanyak 94.821 orang.

Secara keseluruhan di Kota Batu ada 3.106 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah tersebut, 2.883 orang dilaporkan telah sembuh, 266 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021