Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Wilayah Jawa Timur Sub-Jember menyalurkan bantuan sebesar Rp75 juta untuk penanganan COVID-19 di Situbondo.

"Kami dari BMPD atau seluruh perbankan yang ada di wilayah kerja turut berkontribusi dalam membantu pemerintah daerah, salah satunya memberikan bantuan uang tunai," ujar Ketua BMPD Wilayah Jatim Sub-Jember Hestu Wibowo saat menghadiri penyaluran paket sembako oleh Forum CSR Situbondo, Kamis.

Hestu Wibowo yang juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember itu mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian perbankan di wilayah kerjanya membantu penanganan COVID-19.

Total bantuan yang digelontorkan untuk daerah yang berada di wilayah kerjanya sekitar Rp450 juta. Sedangkan di Situbondo mendapatkan alokasi Rp75 juta yang akan diwujudkan untuk pembelian sembako dan bantuan berbentuk lainnya, seperti vitamin.

"Uang itu untuk sembako, multivitamin kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, termasuk juga memberi bantuan sarana prasarana, seperti alat kesehatan dan APD bagi petugas vaksinasi," kata Hestu.
 
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo di acara penyaluran paket sembako di halaman Bank Jatim Situbondo, Kamis (23/9/2021). (ANTARA/Novi H)

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan bantuan dari BMPD turut meringankan beban warga Situbondo di masa pandemi ini.

"Terima kasih Kepala BI Perwakilan Jember yang sekaligus sebagai Ketua BMPD Wilayah Jember memberikan bantuan untuk warga Situbondo," katanya.

Selain itu, lanjut bupati, Bank Jatim melalui Direktur Risiko Bisnis juga memberikan bantuan sebanyak 2.500 paket sembako yang nantinya akan distribusikan kepada masyarakat Situbondo terdampak pandemi COVID-19.

"Mudah mudahan Forum CSR Situbondo yang baru berdiri ini terus berkiprah untuk masyarakat Situbondo. Dua bulan berdiri, forum CSR mampu mengumpulkan 4.000 paket sembako yang didistribusikan kepada warga terdampak pandemi COVID-19," katanya.

Kata Bung Karna (sapaan bupati), selain bantuan sembako, Forum CSR juga membantu pembangunan rumah melalui program Rumah Layak Huni, serta bantuan rumah kepada warga yang kondisi rumahnya sangat memprihatinkan maupun korban bencana alam.

"CSR adalah tanggung jawab sosial perusahaan yang bantuannya tidak hanya berupa sembako, tetapi juga bantuan rehab rumah tak layak huni, sesuai dengan program kami," paparnya.

Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Forum CSR membagikan bantuan sembako kepada warga kurang sejahtera. Penyaluran ratusan sembako ini berlangsung di lima titik, yakni di Bank Jatim, Bank Syariah Mandiri, BNI, BRI dan BCA. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021