Petugas Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, mengedepankan edukasi protokol kesehatan saat pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2021 yang berlangsung sejak tanggal 20 September 2021 sampai 3 Oktober 2021 untuk menekan penyebaran COVID-19.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro didampingi Kasat Lantas Sidoarjo AKP Yanto Mulyanto, Senin, mengatakan sejumlah pengendara yang melintas di Jalan Raya Waru, Sidoarjo, dihentikan untuk diberi masker, paket sembako, dan diingatkan disiplin patuhi prokes.

"Petugas dalam setiap operasi mengedepankan edukasi prokes untuk tekan penyebaran COVID-19," katanya di sela pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2021.

Dalam kegiatan itu, ada polwan membawa poster dengan berbagai pesan mulai dari disiplin protokol kesehatan, jangan lupa pakai masker, hingga patuhi peraturan lalu lintas.

Kegiatan kampanye simpatik yang dilakukan Satlantas Polresta Sidoarjo ini dalam rangka mengedukasi masyarakat mengenai pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2021 di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang berlangsung selama dua pekan.

Kapolresta mengatakan para personel harus lebih mengedepankan upaya bersifat preemtif dan preventif, terutama dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait kepatuhan prokes dan keselamatan berlalu lintas.

"Kedepankan pendekatan humanis terkait edukasi hingga penegakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Karena kita belum melakukan penindakan terlebih dahulu, lebih baik masyarakat kita edukasi untuk tertib prokes dan tertib lalu lintas," ujarnya.

Ia  mengatakan sasaran operasi ini, antara lain semua bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menyebabkan klaster baru penyebaran COVID-19, titik-titik kerumunan masyarakat, dan masyarakat yang tidak patuh prokes.

"Kemudian masyarakat yang tidak disiplin berlalu lintas, lokasi rawan pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas," tukasnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021